Kota Bogor bukan hanya dikenal sebagai kota surganya kuliner, namun Kota Bogor juga saat ini dikenal sebagai kota komunitas karena banyaknya beragam komunitas yang dapat ditemukan di Kota Hujan ini. Misalnya, Komunitas Bogor Blues Community (BBC).
Di tengah hingar bingarnya musik musik pop, rock dan R&B, komunitas BBC tetap komitmen menjaga eksistensi serta melestarikan musik yang berangkat dari musik-musik spiritual dan pujian yang muncul dari komunitas mantan budak – budak Afrika di Amerika Serikat.
Sebelumnya, Komunitas BBC merupakan satu di antara komunitas musik di Kota Bogor yang menjadi wadah bagi para penikmat maupun penggiat musik blues yang diinisiator oleh Inu Page Bluesman pada 9 Desember 2009.
Salah satu penggemar musik blues sekaligus vokal dan gitaris Rully Ananta didampingi Redy Wahyu Permana selaku Basis (Bass) mengatakan, BBC memiliki visi yakni memasyarakatkan blues. Artinya, BBC ingin memperkenalkan musik blues kepada masyarakat luas khususnya di Kota Bogor.
Menurutnya, saat ini pecinta musik blues di Kota Bogor terbilang cukup banyak karena alunan musik yang tercipta pada setiap nadanya mudah diterima di telinga pendengar.
Di samping itu, lanjutnya, musik blues ini lebih dari sebuah genre tetapi lebih mengarah ke budaya dan menceritakan tentang kehidupan suka maupun duka yang diciptakan oleh curhatan mantan budak – budak di Amerika.
“Melalui musik blues juga kita bisa mengambil pelajaran – pelajaran hidup yang realistis. Jadi bukan sekedar musik. Banyak pesan – pesan dari liriknya sendiri yang menceritakan suka maupun duka sehingga membuat kita bisa lebih bersyukur ketika mendengarnya,” ucapnya.
Adapun lagu-lagu yang biasa dibawakan oleh BBC ketika tampil menghibur, diantaranya Sweet Home Chicago atau Crossroads dari Robert Johnson dan sebagainya.
“BBC memang lebih membawakan lagu – lagu yang mengarah ke old blues, cenderung melow dan tenang. Tetapi, kami juga menambahkan beberapa lagu di luar blues untuk membantu perkenalan irama dan ritme Blues ke pendengar awam seperti Route 66, Johnnie B Good, Stand By Me, Little Wing dan Bento,” tambahnya.
Lebih lanjut, Rully berharap kehadiran BBC dalam melestarikan dan memperkenalkan musik blues, masyarakat bisa lebih mengenal dan menjadikan musik blues tidak asing serta bisa dinikmati dalam kesehariannya.
Reporter: Muhammaf Taufik Hidayat
Editor: Robby Firliandoko

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here