Penulis : Giffar RIvana
Editor: Robby Firliandokk
Tempat pembuatan gong di Kota Bogor, Gong Factory, sudah berdiri sejak 200 tahun lebih. Berlokasi di jalan Pancasan No. 17, Kelurahan Pasirjaya, Kecamatan Bogor Barat, Kota Bogor, sampai hari ini Gong Factory dijalankan oleh generasi ke tujuh yaitu Krisna Hidayat.

Gong Factory sendiri memproduksi gong berdiameter 25 cm sampai 75 cm. Bonang, atau gong kecil berukuran 25 – 30 cm biasanya memiliki berat 2 sampai 3 kg. Sedangkan, Kempul, gong yang berukuran 50 – 75 cm bisa mencapai berat 10 sampai 20 kg. Dengan harga Rp 650rb/kilonya.

Produksi Gong Factory dimulai sejak pukul 06:00 hingga 07:00 pagi. Pegawai memulai kerjanya dengan melebur logam, memakai api yang kuat. Setelahnya, barulah mereka membentuk, menempa lempengan gong sampai menjadi bentuk gong yang utuh. Hingga, diuji suara dan nadanya.

Biasanya, produksi gong yang berukuran 25 – 30 cm per harinya, bisa memproduksi 2 – 3 buah gong. Sedangkan, untuk ukuran 50 – 75 cm hanya bisa di produksi satu buah setelah dua hari pengerjaan.

Pasar gong Factory sendiri pada tahun 2000an sudah mencapai pasar dunia, ini dijelaskan oleh Andi (64) selaku bagian penjual pabrik Gong Factory. “Waktu itu di tahun 2000an, kita sempat ngirim ke Amerika, Australia, sampai Eropa,” tutur Ade.

Untuk saat ini, Gong Factory sedang membuat pesanan lokal. Seperti, Lampung, Medan, hingga Aceh.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here