?

Laporan : Mulyana
Bulan      : Mart 2019

Wisata Alam Wana Cendana Gunung Dago berada di sebuah kawasan pegunungan tepatnya di Desa Dago, Kecamatan Parungpanjang, Kabupaten Bogor, terdapat sebuah kawasan wisata perkemahan yang baru diresmikan belum lama ini memiliki nilai tambah bagi para wisata.

Bumi Perkemahan (Bukper) wisata alam Gunung Dago salah satu tempat wisata yang ada di kawasan Gunung Dago yang di kelola oleh Lembaga Masyarajat Desa Hutan (LMDH) dan berdiri di lahan milik perhutani memiliki nilai tambah edukasi, tidak sekedar berwisata, tetapi juga memiliki tujuan untuk menambah nilai-nilai edukasi tentang pendidikan bagi wisatawan. Wisata edukasi sebuah kegiatan yang umumnya dilakukan oleh institusi pendidikan, seperti sekolah-sekolah maupun institusi pendidikan lainnnya.

“Alhamdulilah Bukper sudah ramai oleh anak-anak sekolahan untuk melaksanakan kegiatan kepramukaan. Bukper, adalah tempat wisata alam yang berada di kawasan pegunungan ini guna anak-anak pelajar mengetahui caranya menjaga dan mencintai alam, “kata Mahpud Saripudin ketua Menurut ketua LMDH Desa Dago kepada Bogor in.

Selain itu, Mahpud menambahkan, wisata alam terutama Bukper ini merupakan edukasi tentang kegiatan pendidikan/ kepramukaan  bertujuan untuk meningkatkan kecerdasan dan kreatifitas peserta kegiatan wisata.

“Kawasan pegunungan itu memiliki area perkemahan yang mampu menampung puluhan kemah dan dilengkapi dengan fasilitas umum yang cukup memadai serta berbagai fasilitas pendukung kegiatan petualangan seperti jalur bersepeda dan kegiatan outbound, “jelasnya.

Salah satu sekolah menengah pertama (SMP) Madany yang mengisi kegiatan kepramukaan di Bumi Perkemahan wisata alam Gunung Dago ini menyambut baik. Menurut Udini Mahput selaku kepala sekolah SMP Madany, selain melaksanakan kegiatan inti yang sudah di agendakan juga bisa menikmati keindahan alam dari ketinggian gunug dago.

“Sudah enak dan tempatnya bagus. Dari pihak pengelola sudah menyediakan kapling-kapling untuk mendirikan perkemahan dan Bumi Perkemahan memberikan keindahan dari suasana viunya dapet dari ketinggian gunung sangat bagus, “ujar kepala Sekolah SMP Madany Udini Mahput di sela-sela kegiatannya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here