Komunitas Senyum Difabel merupakan salah satu komunitas yang bergerak di bidang sosial yang peduli akan kehadiran difabel untuk mendapatkan fasilitas pendidikan. Komunitas yang didirikan pada tahun 2016 ini telah melakukan kegiatan sosial bersama teman difabel.
Salah satunya hasil sinergisitas antara Komunitas Senyum Difabel dengan DPC GERKATIN Bogor dengan mengadakan kelas bahasa isyarat terbuka untuk umum di kampus Institut Pertanian Bogor (IPB).
Kelas bahasa isyarat bertujuan agar masyarakat umum dapat berkomunikasi dengan teman tuli menggunakan bahasa isyarat. Kegiatan ini dilakukan sebanyak tiga kali pada tanggal 24 Maret, 31 Maret dan 7 April 2019.
“Sejak awal senyum difabel memang dibentuk untuk memberdayakan dan memanusiakan difabel. Dengan diadakannya kelas bahasa isyarat ini kami berharap para peserta dapat tumbuh rasa empatinya terhadap teman2 difabel. Sebuah pengalaman yang baru juga dimana kelas benar2 hening karena guru adalah teman tuli. Namun ditengah keheningan itulah kita belajar bagaimana untuk bisa saling berkomunikasi dan memahami,” Ketua Komunitas Senyum Difabel Nizar Maulana A.
Setiap pertemuan yang dilakukan memiliki materi ajar yang berbeda. Pada tanggal 24 Maret 2019 diawali dengan pembukaan lalu dilanjutkan penyampaian materi oleh perwakilan DPC GERKATIN yaitu Kak Iqbal dan Mba Novita mengenai huruf abjad dalam bahasa isyarat.
Setelah memahami materi tersebut, dilanjutkan dengan pengenalan diri masing-masing menggunakan bahasa isyarat. Adapun tanggal 31 Maret 2019 kegiatan yang dilakukan yaitu pengenalan bahasa isyarat dalam angka dan hubungan antarmanusia.
Kemudian pada tanggal 7 April 2019 sebagai pertemuan terakhir mengulang kembali materi yang sudah diajarkan pada pertemuan sebelumnya.
Salah satu peserta, Rusda (18) merasa ingin belajar agar bisa berkomunikasi dengan teman-teman difabel. “Saya ingin belajar bahasa isyarat untuk bisa memahami dan berinteraksi dengan orang-orang difabel,” katanya.
Peserta kelas BISINDO belajar abjad menggunakan bahasa isyarat
Peserta yang mengikuti kelas bahasa isyarat sangat antusias dan aktif. Setelah kelas bahasa isyarat berakhir, peserta diminta untuk membuat sebuah tulisan berisi kesan dan pesan selama mengikuti kegiatan ini. Salah satu isi pesan peserta yaitu, “Kelas BISINDO yang diadakan Senyum Difabel ini sangat menarik. Bisa membantu kita mengenal bahasa isyarat secara langsung dan kelasnya menarik ada permainan dalam pembelajarannya.”

1 KOMENTAR

  1. sy berminat untuk blajar bahasa isyarat & menjadi tenaga sukarela, tapi sy tidak menemukan nomor kontak, walaupun sudah mencari
    mohon info no telp, kontak yg dpt dihubungi
    trims

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here