Sruuuuuppp. Suara yang terdengar ketika mencoba menjajakan kaki di tempat ini. Ramainya perbincangan sepasang hingga kelompok orang sambil menikmati kerang dan menyeruput kuah saus dengan cangkang kerang menjadi suasana yang khas. Belum lagi, ketika melihat mereka mengunyah lembutnya daging kerang sambil sesekali berekspresi bak kepanasan karena menikmati kuah sambal goreng yang diolah dari cabai rawit setan. Huuss aaaah.
Laut, permukaannya yang biru menenangkan dan dasar lautnya yang memiliki warna warni bagaikan lukisan bergerak itu selalu menjadi daya tarik bagi manusia untuk bisa menikmatinya. Tidak hanya itu, kuliner berbahan dasar binatang yang hidup di laut juga selalu memiliki sensasi tersendiri. Salah satunya kerang. Binatang lunak yang memiliki cangkang ini memiliki banyak penggemar ketika sudah diolah dengan bumbu racikan khas nusantara.
Bagi Anda warga Cibinong, kini tidak perlu jauh harus ke pinggir laut untuk dapat menikmati berbagai olahan kerang. Anda hanya perlu menuju Griyo Kerang yang berlokasi di Jalan Kolonel Ediyoso Martadipura. Di rumah kerang besutan empat pemuda yakni Mukti Wibowo, Muchtar Kamil, Budi Purwanto, dan M. Haikal Nusantara ini, Anda dapat menikmati berbagai varian kerang. Dari mulai Kerang hijau, darah, bulu, tahu, batik, simping, salju, bambu hingga kampak.
Saat ditemuin Tim Majalah Bogor In, salah satu pemilik Griyo Kerang Mukti Wibowo menjelaskan bahwa Griyo Kerang memiliki makna griyo sebagai rumah dan kerangsebagai kerang. Maksudnya adalah Rumah Kerang. Dengan demikian, Griyo Kerang menyediakan berbagai varian kerang. “Keunggulannya kami adalah menyediakan kuliner laut yang segar dengan cita rasa laut Indonesia,” kata Mukti Wibowo.
Delapan varian kerang yang ada di Griyo Kerang memiliki sensasi rasa tersendiri dengan berbagai macam pilihan saus dari mulai saus padang, tiram, sambal hijau, asam manis, barbeque, black peper, sambal goreng, balado, mentega, saus bali dan kare. Dan Mukti menambahkan bahwa sambal goreng dan saus padang adalah dua saus favorit bagi pelanggan.
“Saus padang laris karena rasanya yang pedas namun manis. Dan sambal goreng dipilih karena rasanya yang pedas dan gurih,” tambah Mukti.
Dengan merogoh kocek mulai dari Rp 12.000 hingga Rp 325 ribu yang bisa dinikmati antara 6-8 orang, Anda sudah bisa menikmati berbagai macam kerang di tempat makan yang memiliki waktu operasional sejak pukul 15.00 sampai 23.30.

Tidak hanya kerangGriyo Kerang juga menyediakan kuliner laut lainnya seperti cumi, gurita, udang, lobster bambu dan kipas. Untuk ikan, ada ikan bawal kerapu dan gurame. Dan ada juga rajungan dan kepiting.

 

Reporter: Robby Firliandoko
Editor: Saeful Ramadhan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here