Mencari souvenir yang dapat mengedukasi buah hati khas dari Bogor kini tidaklah sulit. Boneka Horta merupakan boneka yang mudah sekali untuk dirawat, hanya dengan menyiram air 2 kali sehari dalam waktu 4-7 hari maka rumput akan tumbuh seperti rambut di bagian kepala dan bisa dipangkas seperti yang kita inginkan.
Kampung Horta, berlokasi di Kampung Selahuni, Desa Ciomas Rahayu, Kecamatan Ciomas dimulai sejak 2007. Berawal dari ide Dosen IPB yang melihat kerajinan tangan di luar negeri, lalu diaplikasikan kepada mahasiswa IPB untuk memberikan nilai edukasi karena sangat erat hubungannya dengan anak-anak.
Boneka Horta adalah pencetus boneka edukasi dari Bogor yang mengajarkan mencintai lingkungan setelah dinobatkan penghargaan oleh MURI, karena bermanfaat untuk mengurangi gas Karbondioksida (Co2) dan mengubahnya menjadi gas oksigen (O2) yang sangat berguna untuk kita semua.
Bahan dasar pembuatan Boneka Horta adalah serutan kayu sehingga bisa menyerupai bentuk boneka, dengan diberi bibit rumput di bagian kepala agar bisa menyerupai rambut dan dilapisi dengan kain stocking untuk mengeratkannya. Dengan menyediakan beberapa variasi dan bentuk yang berbeda – beda. Saat ini Boneka Horta menyediakan bentuk pot bunga yang berbentuk Boneka Horta untuk menghilangkan kejenuhan.
Marketing Boneka Horta Yoga Rokhmana memaparkan bahwa saat ini Boneka Horta bisa dibeli secara online melalui website atau marketplace dan Boneka Horta bisa melayani pesanan khusus berupa souvenir. “Kami juga menyediakan pesanan untuk nikahan dan lain sebagainya. Dengan harga mulai dari Rp.15.000 – Rp.30.000,” katanya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here