Reporter: Elshaqi
Editor: Robby Firliandoko
Berada di ketingian 1.802 meter di atas permukaan laut menjadi alternatif tersendiri bagi siapa pun yang kian jenuh mendengar deru knalpot bersaing cepat dengan waktu. Satu di antara ketinggian yang di miliki bogor adalah Gunung Kencana yang terletak di Kampung Rawa Gede, Desa Tugu Utara.
Menuju puncak Gunung Kencana, tidaklah terlalu sulit,  Anda bisa masuk melalui kawasan wisata Telaga Warna. Setelah pintu masuk, Anda akan dihadapkan dengan perjalanan menantang. Jalanan berbatu tajam sepanjang kurang lebih 10 kilometer.. Namun hamparan hijau kebun teh di segala penjuru serasa menjadi pemanis di tengah ekstrem jalan. Banyak juga sungai kecil yang bebas mengalir di beberapa titik yang membuat hawa gunung semakin segar dan sejuk.
Cukup menempuh perjalanan  satu jam, Anda sudah bisa berdiri di Puncak Gunung Kencana. Tidak banyak pos yang akan ditemui di sepanjang jalur pendakian. Meski tingginya tidak seberapa, mendaki gunung ini tetap dibutuhkan persiapan. Tanjakan-tanjakan yang ada di jalur pendakian gunung ini terlihat cukup curam. Ada sebuah tanjakan yang dinamakan Tanjakan Sambalado. Track awal ini sudah ditata sedemikian rupa dengan kayu-kayu yang disusun menjadi anak tangga. Entah apa maksudnya, yang jelas, tanjakan ini sukses membuat para pendaki ngos-ngosan saat melaluinya.
“Dari  puncak Gunung Kencana saya menikmati dingin dan kerlip lampu kita jika cuaca cerah terlihat jelas  Gunung Pangrango, Gunung Gede, dan Gunung Salak ditambah dengan bentangan luas kebun teh kawasan Puncak dan jalanan Kota Bogor,” kata salah satu wisatawan lokal Bogor Edot.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here