Processed with VSCO with v4 preset
Untuk pertama kalinya, Laboratorium Aktor Bogor (LAB) menggelar acara ulang tahun pertamanya dalam bentuk pementasan Drama Realis “Norma” karya Alun Owen. Pementasan tersebut diselenggarakan di gedung kesenian Kemuning Gading Kota Bogor pada tanggal 8 juli 2019.
Secara kelembagaaan, LAB sendiri memang baru memasuki tahun pertama. Tetapi secara empiris, para anggota LAB sudah saling bertukar gagasan sejak 2013.
“Kami meyakini aktor itu bukan hanya di atas panggung, aktor juga seperti tukang foto kalau ga ada mereka kita tidak akan terdokumentasikan dengan baik, ada aktor yang bermain sebagai pemusik. Selama ini stigma orang aktor itu yang selalu di depan panggung, buat kami tuh engga. Kami ingin membangun kelompok aktor kalau bahasa di teater seperti teater aktor, jadi semua harus berperan mimpinya begitu agar tidak bergantung pada 1 aktor, tapi bisa berbarengan. Maka semangatnya lab karena lab itu kan semangat belajar,” ucap Ketua LAB Ocky Sandi.
Walapun sederhana, memerankan sebuah peran di atas panggung teater memang tidak pernah menjadi hal yang mudah, bahkan bagi aktor sudah sangat berpengalaman sekali pun. Oleh karena itu,  di butuhkan observasi yang mendalam dan latihan yang keras agar dapat menampilkan sajian pertunjukan terbaik dan bisa di nikmati banyak kalangan.
Setiap pertunjukan Laboratorium Aktor Bogor LAB selalu mengeluarkan soundtrack bagi pemusik untuk membuat sebuah karya. Dan soundtrack tahun ini di isi oleh musisi jalanan. Kelompok yang terdiri dari 22 orang ini selalu membuka pendaftaran pada setiap hari jadinya.
Reporter : Dika Budiantoro (M)
Editor: Robby Firliandoko

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here