Kebutuhan akan fesyen, terutama bagi kaula muda seolah hal yang wajib untuk dipenuhi. Peluang inilah yang dimanfaatkan oleh Askar Marliansyah, dengan membuka usaha konveksi atau tempat pembuatan pakaian jadi seperti jaket, kemeja, tas dan sebagainya dengan nama Gallery Production.

Askar mengawali usaha ini ketika duduk di bangku kuliah tingkat 4 atau sekitar dua tahun lalu. Ketika itu dirinya iseng membuat desain kaos lalu diunggah melalui akun media sosial. Siapa sangka banyak orang yang tertarik untuk membeli kaos dengan desain tersebut. Karena tidak mempunyai modal awal untuk produksi kaosnya, alhasil pria berambut ikal ini melakukan sistem dengan membayar terlebih dahulu pesanannya sebelum produksi dimulai dan masih memproduksinya di konveksi orang lain.

Dari sana, mulailah terkumpul sedikit demi sedikit uang yang bisa dijadikan modal awal untuk membeli alat-alat konveksi sendiri, seperti alat sablon, mesin jahit dan kantor pemasaran yang berada di Cimanggu kota Bogor. Bermodalkan pengetahuan dari internet dan vendor konveksi sebelumnya yang akhirnya membuat Askar memutuskan untuk mengubah konsep, dari menjual kaos pemesanan di awal menjadi jasa pembuatan segala jenis pakaian, tas dan topi dengan nama Gallery Productions.

Askar membuka harga konveksinya mulai dari Rp.45.000- Rp.150.000/potongnya, dengan minimal order 1 lusin, sudah dengan sablon berwarna atau bordir. Dengan menggunakan media sosial sebagai alat promosi, orderan pun banyak berdatangan dari Sabang sampai Merauke, seperti anak sekolahan, kedinasan, hingga brand brand lokal. Salah satunya adalah Siswa SMA 1 Dramaga Saputra, menurutnya Gallery Productions mempunyai kualitas dari bahan dan tinta sablon, dengan harga yang tergolong sama tetapi mempunyai kualitas yang berbeda.

Askar selalu memilih bahan-bahan terbaik untuk setiap pesanannya, agar konsumen merasa puas dan selalu percaya pada jasanya. Kini Askar sudah mempunyai 2 rumah produksi dan 1 kios pemasaran serta pendapatannya sudah mencapai Rp 30 juta/ bulannya. “Harapan sih ingin sebisa mungkin mempunyai usaha yang mencakup bidang sandang, pangan, dan papan. Intinya selalu bersyukur, dan jangan lupa sholat dan sedekah,” tuturnya.

Reporter: Sigit Aria Yudhatama (M)
Editor: Robby Firliandoko

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here