Banyak yang memandang sebelah mata seseorang yang hobi bermain gim karena dianggap menghabiskan waktu. Gim juga memiliki banyak dampak positif jika seseorang menggunakannya dengan cermat, seperti yang dilakukan salah satu komunitas game asal Bogor yaitu Komunitas Gaponesia (Game Portal Indonesia) yang dibentuk pada November 2018.
Gaponesia adalah ruang bagi pemilik hobi di bidang olahraga yang menggunakan gim sebagai bidang kompetitif utama. Gaponesia terdiri dari event organizer eSport, talent eSport, merchandise dan community. Pada talent eSport, Gaponesia memiliki 3 tim yang terdiri dari tim Mobile Legend,  AOV,  dan Speed Drifters. Gaponesia telah beranggotakan 40 pemain ditambah 3 orang sebagai pemilik dan pendiri. Anggota Gaponesia berasal dari lingkup Jabodetabek, komunitas ini mengadakan kumpul setiap satu minggu sekali yang berlokasi di Sukaraja Bogor.
Komunitas yang dibentuk oleh Edho Pratama dan beberapa rekannya ini telah meraih beberapa prestasi kejuaraan di antaranya juara 3 AOV National Championship di Jakarta, juara 2 Garena Speed Drifters ESL di Jakarta International Expo dan beberapa turnamen kecil lainnya. Setiap mengadakan kumpul, komunitas ini selalu mengadakan latihan gim bersama, latih tanding dengan tim lain, evaluasi,  dan membahas rencana turnamen gim selanjutnya yang akan diikuti.
”Syarat join Gaponesia itu serius mau mengembangkan skill di game, dilihat dulu profil game calon anggota baru sejauh mana dia main gamenya agar bisa mengikuti gaya main tim. Gaponesia juga lebih dari komunitas, karena ada tujuan bisnis atau komersilnya,” kata Founder sekaligus Owner Gaponesia Fadhil.
Gaponesia juga pernah mengadakan event VOCC yang berlokasi di Jakarta, dan juga tournament mobile legend, pubg dan speed drifters. Bagi Anda yang akan mengadakan acara gim, Gaponesia dapat menjadi alternatif EO untuk acara Anda. Dan bagi Anda yang tertarik untuk bergabung dengan komunitas ini dapat terlebih dahulu mengunjungi akun instagram Gaponesia di @Gaponesia.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here