Bermula dari mencari dana sumbangan untuk kegiatan kampus menjadi bisnis yang menggiurkan. Hal ini yang dilakukan oleh Fazrul mahasiswa Bandung yang bertempat tinggal di Bogor.

Pada kegagalan usaha sebelumnya, membuatnya mencari jenis usaha yang menguntungkan hingga ratusan juta rupiah. Pada tahun 2016, ia melihat peluang usaha di kegiatan kampus yang menguntungkan dari berjualan aneka makanan ringan seperti gorengan, kue kering, kue basah, dan keripik singkong. Dari situ lah ia mengembangkan usahanya, dan siapa sangka upaya membuat aneka makanan ringan itu berhasil dilakukan.

Keberhasilan itu membuatnya ingin mengembangkan usaha aneka makanan ringan, agar terus berkembang dan bersaing dengan produsen lainnya.

“Banyak orang bertanya ke saya kenapa nama produknya ruru snack karena singkatan ruru snack tersebut berasal dari bahasa sunda yaitu rupa-rupa. Awalnya saya mempunyai ide membuka usaha aneka makanan ringan, dari acara kampus karena dana sumbangan terbesar di acara kampus saya itu berjualan aneka makanan ringan seperti kue basah, kue kering keripik dan gorengan,” kata fazrul.

Berkat kegigihannya, pria yang masih berkuliah di salah satu universitas swasta di Bandung ini bisa memproduksi puluhan ribu kemasan keripik singkong dengan penjualan minimal 5.000 kemasan cemilan keripik singkong perbulan. “Saya bisa memproduksi 1.000 kemasan keripik singkong dengan varian rasa seperti rasa kare, jeruk nipis, dan cabe ijo, yang dijual dengan harga Rp. 10.000-15.000 per kemasannya,” tutup Fazrul.

Reporter : Dika Budiantoro (M)
Editor : Robby Firliandoko

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here