Sesuai dengan instruksi Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti) tentang larangan penggunaan kemasan air minum berbahan plastik sekali pakai dan kantong plastik, Kader Lingkungan IPB University periode 2019-2020 mengadakan sosialisasi Green Campus kepada mahasiswa baru IPB University di Kampus Dramaga, Bogor (30/7-2/8).

“Sasaran kami adalah mahasiswa angkatan 56 (mahasiswa baru) yang bertujuan untuk menumbuhkan rasa cinta lingkungan sejak awal masuk ke dalam lingkungan IPB University. Mahasiswa baru di IPB University diwajibkan tinggal di asrama pada tahun pertama perkuliahan. Sementara itu, saat ini sumber sampah terbanyak di IPB University dihasilkan oleh lingkungan asrama. Oleh karna itu, Kader Lingkungan bekerjasama dengan Senior Resident Asrama Program Pendidikan Kompetensi Umum (PPKU) memfokuskan kegiatan sosialisasi ini kepada angkatan 56 dengan tujuan menciptakan lingkungan asrama yang bersih, nyaman dan bebas dari sampah plastik,” ujar Koordinator Kader Lingkungan IPB University 2019-2020 Othari Gusman.

Dalam sosialisasi ini, Kader Lingkungan membagikan stainless straw dan stiker gratis kepada mahasiswa. Stiker yang dibagikan memiliki tiga konten utama yakni pilah sampah, hemat air, dan hemat energi. Pembagian stainless straw dan stiker gratis ini juga akan dilaksanakan di Sekolah Vokasi IPB pada tanggal 9 Agustus 2019.
Selain pembagian stainless straw dan stiker gratis, kegiatan dari Kader Lingkungan ini juga diisi dengan expo mading dan poster bertemakan lingkungan serta barang-barang hasil daur ulang sampah. Rangkaian kegiatan ini diharapkan dapat menumbuhkan kesadaran dan semangat mahasiswa baru dalam menjaga lingkungan. Tak hanya itu, mahasiswa baru diharapkan ikut berpartisipasi mewujudkan Green Campus IPB University dengan menerapkan green lifestyle yang telah disosialisasikan selama kegiatan ini.

“Ke depannya juga akan dilaksanakan beberapa kegiatan yang melibatkan mahasiswa baru di lingkup asrama sebagai bentuk keberlanjutan dari kegiatan ini,” ujar mahasiswa Departemen Ilmu Tanah dan Sumberdaya Lahan ini.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here