Kini,  perajin miniatur kaleng kerupuk Agus Harianto bolehlah berbangga hati, karena hasta karyanya kini mampu menembus pasar International. Menekuni lebih dari 15 tahun berbekal keuletan serta kesabaran, kini miniatur kaleng kerupuknya dikenal ke Australia, Singapura, dan Malaysia.
Dibantu beberapa pegawai yang juga sanak keluarga, Agus mampu memproduksi 500 hingga 1.000 buah hasta karya dalam kurun dua pekan. Kemudian, Agus juga menyakini kaleng kerupuk produksinya berbeda dengan kaleng kerupuk biasanya. Selain lebih bervariasi dalam hal pewarnaan, kaleng kerupuk yang diproduksinya pun memiliki berbagai macam ukuran mulai dari 5 x 7 sentimer hingga 15 x 19 sentimeter berbahan dasar kaleng, alumunium, stainles, dan kuningan.
“Minimal satu kodi (20 buah) mas, ada yang pesen untuk souvenir pernikahan, untuk kemasan produk makanan, dan juga untuk di rumah-rumah makan, untuk omzet bersih perbulan bisa mencapai Rp 100 juta,” katanya di sela merakit kaleng kerupuk mini.
Mematok harga sebesar Rp 10.000 hingga Rp 400.000, Agus terbilang sukses memanfaatkan waktu ketekunannya dalam berkarya. Ayah dua anak ini pun sering kali kebanjiran order kala masuki bulan puasa dan lebaran, tak tanggung tanggung orderan yang didapat mampu mencapai tiga kali lipat dari hari biasanya.

Reporter: Elshaqy

Editor: Robby Firliandoko

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here