9 Oktober menjadi hari berbahagia bagi SMP Negeri 1 Citereup, pasalnya, pada tanggal tersebut sekolah yang juga dikenal sebagai Karanggan Satoe atau Kartoe ini merayakan ulang tahunnya yang ke-37. Kepala Sekolah SMPN 1 Citereup H. Dede Kurnia Setia, Spd, Mpd., menyampaikan bahwa pada ulang tahun SMPN 1 Citereup targetkan menjadi Sekolah Berwawasan Wiyata Mandala Nasional.

Kepala Sekolah Dede Kurnia juga menyampaikan bahwa pada hari ulang tahun SMPN 1 Citereup yang ke-37, sang kepala sekolah memiliki banyak harapan yaitu menjadikan Kartoe sebagai sekolah yang syarat akan prestasi berbasis IT. “Agar sekolah ini bisa unggul dan berprestasi yang mencetak siswa siswi yang cerdas, inovatif, kreatif dan kompeten di bidangnya, juga memiliki karakter yang kuat. Serta guru-guru yang lebih profesional,” kata Dede.

Tidak hanya itu, pria yang memiliki hobi olahraga ini pun ingin mewujudkan sekolahnya menjadi Sekolah Wawasan Wiyata Mandala yang peduli terhadap lingkungan sekitar, termasuk lingkungan tanaman, peduli terhadap sampah, dan sumber daya, karena pesan terhadap lingkungan ini memiliki efek yang sangat luar biasa untuk masa depan siswa-siswinya.

Pria yang mengawali kariernya sebagai guru olahraga di SMPN 1 Cijeruk pada tahun 1994 sebagai guru olahraga ini juga membidik kompetensi dan prestasi olahraga yang telah didukung oleh sarana yang ada dan guru-guru yang memiliki dasar atlet dan pelatih. Sebagai sekolah yang berprestasi di bidang olahraga, SMPN 1 Citereup juga memiliki kelas khusus olahraga.

“Di kelas atlet ada latihan khusus seperti lari untuk berlatih fisik mulai dari pukul 05.30 hingga pukul 06.45 WIB, dilanjutkan dengan belajar. Kemudian, di waktu sore hari setelah salat ashar hingga magrib diadakan kelas khusus kecabangan. Dengan adanya kelas olahraga ini dapat meningkatkan mutu lulusan siswa berprestasi di bidang akademik maupun nonakademik,” tambah pria yang juga menjabat sebagai Sekertaris di Persatuan Rumput Tenis Indonesia (Pelti) Kabupaten Bogor.

Sekolah yang juga berhasil meraih Juara Umum O2SN 2019 tingkat SMP se-Kabupaten Bogor ini juga memiliki banyak siswa dari kelas olahraga yang direkrut seperti atlet anggar, dayung, bahkan ada 4 orang siswa yang di rekrut untuk memperkuat Tim Rugby Indonesia di Singapur.

 

Mengenai prestasi dalam bidang akademik, SMPN 1 Citereup meraih 5 besar Ujian Nasional dengan nilai rata-rata di tingkat Kabupaten Bogor. Kemudian terdapat beberapa siswa yang menjadi Hafidz Qur’an walaupun baru bisa menghafal beberapa juz.

Sang Kepala Sekolah juga menjelaskan bahwa SMPN 1 Citereup akan sangat konsen sekali pada anak yang bisa hafidz qur’an, dan diharapkan bisa menghafal 3 juz di SMPN 1 Citereup ini. Adapun di bidang nonakademik yaitu seni dengan membudayakan seni tradisional sunda dengan mengembangkan upacara adat yang dilakukan setiap hari Sabtu. Dan melestarikan alat musik sunda terutama gamelan dan karawitan. Sekolah berprestasi ini juga berhasil melahirkan artis muda yang sukses di bidangnya, seperti Hanindya dan Bara.

Ditulis oleh: Hadrina Mifta
Editor: Robby Firliandoko

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here