INI BOGOR – Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Bogor membagikan 5000 porsi doclang dan 5000 gelas es pala dalam kegiatan Festival Makanan dan Minuman Kabupaten Bogor 2019. Kegiatan yang berada di bawah Bidang Pemasaran Pariwisata ini dikomandoi langsung oleh Kepala Bidang Ibu Titi Sugiarti, ST. Menurut beliau, doclang dan es pala merupakan makanan yang telah identik dengan Kabupaten Bogor dan merupakan potensi wisata kuliner yang perlu dikembangkan.

Kegiatan yang diselenggarakan di Lapangan Tegar Beriman ini juga dihadiri oleh Bupati Bogor, Ibu Hj. Ade Yasin, S.H., M.H dan Wakil  Bupati Bogor H. Iwan Setiawan, S.E.  Ibu bupati nampak sangat menikmati doclang dan es pala. Pujian terhadap kelezatan doclang dan es pala nampak jelas dari wajah puas ibu Bupati.

Dalam kesempatan ini,  Wakil  Bupati Bogor H. Iwan Setiawan, S.E.  menyampaikan “Event ini sangat baik karena masyarakat langsung merasakan kegiatan pemerintah daerah secara langsung tanpa ada sekat.  Ini luar biasanya event ini. Event yang hanya melibatkan elit-elit saja baiknya dikurangi. “ Pak Iwan juga memuji doclang  yang disajikan. Menurutnya “Doclang merupakan makanan yang diminati masyarakat karena sesuai dengan lidah masyarakat dan merupakan makanan sarapan pagi warga Bogor. Sangat bagus menyajikan doclang dalam kegiatan festival makanan dan minuman ini.”

Proses memasak dan membagikan melibatkan Indonesian Chef Association (ICA). Menurut Samin, Ketua ICA BPC Bogor Raya,  “Proses memasak dan menyajikan doclang dan es pala dilakukan di secretariat ICA. 5000 porsi doclang dan es pala dibuat sejak jam 21.00 malam hingga subuh. Seluruh bahan-bahan menggunakan bahan-bahan lokal yang ada di Kabupaten Bogor. Seluruh bahan-bahan adalah bahan-bahan segar bukan bahan beku yang telah disimpan lama. Seluruh bahan baku menggunakan bahan-bahan alami dan berkualitas.”  Tambah ibu Hj. Mursini Landupraing, penasihat dan bendahara ICA  “Kami menggunakan 100% gula pasir asli tanpa pemanis buatan untuk es pala. Gula yang digunakan untuk membuat es pala mencapai 70 kg ”. ICA juga mengucapkan terima kasih kepada Pemda Kabupaten Bogor terutama Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Bogor Bidang Pemasaran Pariwisata yang telah memberikan kesempatan pada ICA untuk berpartisipasi dalam kegiatan ini dan para chef yang telah bekerja keras mensukseskan kegiatan.

Kegiatan ini disambut antusias oleh pengunjung. 5000 porsi doclang dan es pala ludes diserbu peserta. Salah satu pengunjung, Ibu Susi, mengatakan bahwa doclang yang disajikan sangat lezat dan es pala sangat segar, cocok untuk pagi hari yang panas di Lapangan Tegar

Kegiatan ini diorganisir oleh PT. Calanthe Dinata Aninya. Bersama dengan MaCDA management, PT. Calanthe Dinata Aninya sebelumnya telah berhasil mengorganisir Festival Angklung, Festival Silat Cimande, Misi Pengiriman Seni di Batam dan Jogja serta dan Festival Kaulinan Urang Lembur.  Kegiatan didukung oleh Topthens Kramik,  Bumi Aki, Winaz Kopi Shop, Tandis Bakery, PT Inti Agrinta, Kokita, Hotel Onih, Asinan Sedap Gedung Dalam serta Para Relawan dari Sekolah Tristar Institute Culinary, SMKN 3 Bogor, SMKN Cisarua Bogor, SMK Borcess, SMK Sahid, SMK Binantara, SMK Muhammadiyah Cileungsi yg telah membantu sebagai Relawan di Event tersebut.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here