Agar tubuh tetap sehat kita haruslah rajin berolahraga, salah satu olahraga yang paling mudah dilakukan adalah bersepeda. Bersepeda memiliki banyak sekali manfaat salah satunya adalah mengurangi risiko penyakit jantung dan menghilangkan stres. Bagi kalian yang sangat mencintai olahraga sepeda, kalian bisa bergabung ke salah satu komunitas di Jakarta ini.

Sepeda lipat Selatan Jakarta atau yang biasa disebut Selsel merupakan perkumpulan pengguna sepeda lipat di  Selatan Jakarta yang berdiri sejak tanggal 1 April 2018 dan didirikan oleh Teguh Supriyanto dan Ari Pribadi. Berdirinya komunitas ini berawal dari WAG (Whatsapp Grup) yang kemudian belanjut ke kopdar dan mengadakan gowes rutin setiap hari Sabtu di Taman Sepeda Melawai.

Komunitas ini biasa berkumpul di Onay Bike Abuserin dan Trijaya Bike Pondok Labu, dan bisa diikuti dari anak kecil hingga manula. Selain bersepeda, mereka juga biasa melakukan kegiatan rutinnya yaitu kegiatan bakti sosial seperti sumbangan ke panti asuhan. Kemudian mereka juga aktif mengikuti beberapa event di antaranya ada Gepang Loop 2019, Jamselinas 2019, Bike Camp Ceria 2018 – 2019.

Selain menjalin silaturahmi, tujuan berdirinya komunitas ini juga adalah agar terus aktif mengkampanyekan bersepeda untuk berkontribusi melawan polusi udara yang semakin memburuk. “Kendala yang dialami adalah agak susahnya untuk seluruh anggota gowes bareng, karena domisili anggota yang terpencar di penjuru Jakarta Selatan,” ucap Anggota Komunitas Selsel Ofrie.

 

Reporter : Shafira Julia Riyanto (M)

Editor: Robby Firliandoko

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here