Jakarta memang kaya akan wisata kuliner mulai dari makanan pinggir jalan sampai makanan yang ada di restoran. Salah satunya adalah Kawasan Blok M, Jakarta Selatan. Ketika mendengar kata Blok M, biasanya yang terbayang dalam benak kita adalah sebuah pasar atau tempat berbelanja. Namun ada satu ciri khas dari Kawasan Blok M yang sangat terkenal hingga saat ini, yaitu Gultik atau Gulai Tikungan.

Di sekitar Jalan Bulungan, Blok M, Jakarta Selatan menjelang malam terdapat kurang lebih 20 penjual gultik yang berderet mangkal di tikungan Jalan Bulungan. Rata-rata rasa dari gulai yang mereka sajikan tidak jauh berbeda. Dinamakan gultik karena banyak pedangang gulai yang mangkal di tikungan jalan tersebut.

Walaupun tergolong makanan pinggir jalan, gultik selalu ramai pengunjung dari anak muda sampai yang golongan orang tua. Sejak dulu sampai sekarang banyak masyarakat yang menjadikan gultik sebagai destinasi kuliner favorit mereka.

“Saya sendiri sudah jualan sudah 4 tahun awalnya sebenernya iseng karena kan rame banget dan biasanya yang dateng kesini tuh rata rata anak muda kalau penghasilan biasanya sih lima ratus ribu,” terang salah satu pedagang Gultik Jejen.

Gultik sendiri merupakan gulai dengan potongan daging kambing yang disiram kuah santan yang tidak begitu kental di atas sepiring nasi dengan rasanya yang gurih, serta taburan bawang goreng, kerupuk dan kecap. Bagi Anda yang menyukai pedas Anda bisa menuangkan sambal di gulai yang Anda pesan.

Rasanya memang sederhana namun tetap menggugah selera. Gurihnya gulai dipadu dengan manisnya kecap dan pedasnya sambal cukup untuk membuat ketagihan. Satu porsi gultik memang tidak mengenyangkan perut khususnya bagi Anda yang banyak makan. Tetapi Anda tidak perlu khawatir karena harga dari satu porsi gulai ini hanya Rp 10 ribu jadi Anda tidak perlu takut kantung jebol.

 

Reporter : Laili Indah Swari (M)
Editor: Robby Firliandoko

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here