Mendengar mobil nasional, mungkin banyak orang berpikiran jika berkata mobil nasional adalah Timor. Padahal pada era sebelum tahun 2000, sudah ada banyak mobil nasional yang digadangkan sebagai mobil asli Indonesia. Namun namanya tidak pernah publikasi dan dikenal banyak orang. Dan salah satu mobil nasional yang masih ada dij alanan sampai sekarang selain mobil timor adalah Mazda MR90.
Seperti ‘Si Kuning’ panggilan sang pemilik Mazda MR90 yakni Uyung Bogor alias UB. Mobil yang bermesin 1.300 cc ini ternyata tidak sembarang mobil. Sejak dimiliki oleh UB yang juga anggota dari komunitas New Bogor Nostalgic Car Community (BNCC) Bogor Raya, Si Kuning telah menjadi mobil petarung di kelasnya.
Mobil yang diproduksi oleh PT. Indomobil ditangan Soebronto Laras pada jaman kepemimpinan Presiden RI Ketiga Soeharto, Si Kuning telah dikenal banyak komunitas khususnya komunitas retro karena keaktivan Si Kuning dalam menghadiri berbagai event maupun kontes.
Tidak tanggung tanggung, Si Kuning telah menjelajah se-Pulau Jawa saat mengikuti berbagai acara maupun kontes mobil retro. Dengan corak airbrush berkarat dan surat surat kendaraan yang masih lengkap, Si Kuning benar benar tampak elegan dan dikagumi oleh banyak orang khususnya orang orang yang hobi dengan mobil retro alias klasik.
“Saya dan keluarga memang hobi dengan kendaraan retro atau klasik mau itu mobil maupun motor. Si Kuning ini saya miliki 5 tahunan yang lalu tepatnya 2014. Awalnya dalam keadaan standar kemudian di custom tampilannya dengan tema Rusty,” ucap UB.
Reporter: Muhammad Taufik Hidayat
Editor: Robby Firliandoko

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here