Jakarta, 28 November 2019 Kampung Dongeng Indonesia, sebagai komunitas yang fokus dalam memasyarakatkan dongeng sebagai media yang paling efektif dalam menyampaikan pesan dan menanamkan karakter serta nilai-nilai baik kepada anak, menyelenggarakan Workshop Bunda Mendongeng di Hari Dongeng Nasional yang dilaksanakan serentak di seratus kota di Indonesia pada Kamis, 28 November 2019.

Selain untuk menumbuhkan keberanian dan kepercayaan diri orangtua terutama kaum ibu dalam mendongeng, kegiatan tersebut sengaja dilaksanakan untuk mengingatkan kembali kepada para orangtua akan pentingnya mendongeng sebagai sarana komunikasi persuasif dalam membangun karakter, mengatasi situasi dan kondisi yang dialami anak, sekaligus sebagai salah satu media untuk mengukur tumbuh kembang anak. Relawan Kampung Dongeng yang tersebar di seluruh Indonesia telah bekerjasama dengan beberapa sekolah dan komunitas di sekitar Kampung Dongeng masing-masing dalam rangka memfasilitasi para Bunda untuk belajar mendongeng secara gratis.

Semula Kampung Dongeng Indonesia hanya menargetkan 25–50 peserta di masing-masing titik, tetapi karena antusiasme yang begitu besar, di beberapa titik, peserta yang mengikuti workshop ini membludak melebihi quota yang ditentukan. Pada Workshop Bunda Mendongeng kali ini, Relawan Kampung Dongeng bertindak sebagai fasilitator sekaligus pendamping yang membekali dan membimbing para peserta untuk praktik langsung secara mandiri bagaimana mendongeng dan membacakan cerita di hadapan anak dengan cara yang mudah dan menyenangkan.

Menurut Kak Awam Prakoso selaku Founder Kampung Dongeng Indonesia, setelah mengikuti kegiatan tersebut diharapkan para Bunda dapat lebih memegang perannya sebagai Madrasatul Ula (pilar utama) dalam keluarga, sehingga dapat menciptakan keakraban dan quality time yang ideal melalui cerita-cerita yang berkesan dan menceriakan untuk anak-anaknya.

Sementara, Kampung Dongeng Tegar Beriman Bogor atau biasa disebut dengan Kado Teman Bogor dalam rangka memeriahkan Hari Dongeng Nasional mengadakan Workshop Bunda Mendongeng tahun 2019 lokasi dua titik di Kabupaten Bogor, pertama dilaksanakan tanggal 26/11/2019 di PAUD Al-Amir (Megamendung) dengan peserta kurang lebih 40 orang. Sedangkan titik kedua dilaksanakan tanggal 28/11/2019 di PAUD Al-Barokah (Megamendung) dengan peserta 30 orang, menurut Kak Ansori banyak sekolah yang mengajukan diri sebagai lokasi workhshop namun hanya 2 lokasi yang terlaksana di Kabupaten Bogor. Kegiatan ini serentak dilaksanakan di 100 kota di Indonesia, Jawa Barat menyumbang 22 titik workshop tersebar di 12 Kabupaten Kota yang terdapat kampung dongeng. menurut Fitri peserta workshop mendongeng mengharapkan agar kegiatan ini terus dilaksanakan tidak hanya hari ini saja agar orangtua bisa dengan rutin mendongeng untuk anaknya, dengan dongeng akan tercipta komunikasi yang baik antara orang tua dan anak serta akan lahir anak-anak yang berkualitas berbudi pekerti luhur berbakti pada orang tua nusa bangsa dan agama.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here