Aci digoreng (cireng) adalah sebutan dari makanan yang berbahan dasar tepung kanji dan berasal dari tanah sunda. Cireng dibuat dengan tepung kanji yang dicampuri berbagai macam rempah agar tercipta cita rasa yang lezat. Setelah adonan dibuat, biasanya cireng di masak dengan cara digoreng. Cireng termasuk makanan yang bisa membuat perut kenyang.
Bagi masyarakat Bogor, untuk menemukan cireng tidaklah sulit. Banyak pedagang kaki lima maupun toko menjual makanan yang berasal dari cireng. Hal ini membuat para pedagang semakin bersaing dan berinovasi demi meningkatnya penjualan. Cireng diolah sedemikian rupa menjadi makanan yang enak dan banyak diminati, mulai dari cimol, cilor, rujak cireng, hingga cireng isi.
Berawal dari keisengan seorang istri yang ingin membantu sang suami, Eli Yulia membuka usaha sampingan dengan berjualan cireng. Usaha cireng yang dilakukannya tidak selalu berjalan mulus. Setelah mengalami jatuh bangun dalam berjualan, Eli membuat cireng isi ayam pedas. Cireng pedas tersebut dinamakan Cireng Mercon Berkah. Cireng Mercon Berkah ini menggunakan ayam serta cabai segar dan berkualitas.
“Awalnya saya buat cireng ini sendiri iseng-iseng, tapi banyak yang pesan sampai sekarang punya 4 pegawai. Keisengan saya jadi berkah buat kehidupan sehari-hari, makanya dinamain cireng berkah,” kata Eli pemilik Cireng Berkah.
Cireng Berkah memiliki beberapa varian rasa seperti ayam pedas, ayam original, sosis pedas, dan bakso pedas. Untuk best seller-nya adalah ayam pedas, karena isian cirengnya berupa ayam yang ditumis dengan cabai. Dalam sehari Cireng Berkah bisa mencapai penjualan 50 box hingga 250 box. 1 box cireng terdapat 10 potong yang tentunya dapat membuat perut kenyang.
Cireng Mercon Berkah dijual melalui daring. Harga jualnya pun tidak mahal, yaitu seharga Rp. 20.000 per box. Dalam bulan ini Cireng Merecon Berkah akan mengeluarkan varian rasa baru, yaitu Cireng Mozarella.
Reporter : Hadrina Mifta
Editor: Robby Firliandoko

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here