Kopi yang berasal dari wilayah Kecamatan Rumpin yang diberinama kopi Rumasa (Kop Rumpin Punya Rasa), menjadi daya tarik tersendiri bagi penggemar kopi. Tanaman jenis kopi yang dikelola oleh kelompok Sugi tani berada di wilayah Kecamatan Rumpin Kabupaten Bogor, tumbuh di lahan seluas 30 hektar yang dikelola oleh para petani kopi tersebut, bisa tembus Jabodetabek.

Pasalnya, meski karakter kopi Rumpin ini tidak memiliki karakter yang kental, namun kopi yang diberinama Rumpin Rumasa ini memiliki citarasa pandan dan juga kaya akan rasa karamel.

“Kopi Rumpin Rumasa ini berawal dari diabaikannya oleh para petani, karna mereka belum tahu bagaimana caranya kopi itu, dan ternyata kopi itu memiliki potensi yang cukup besar, “kata Ahmad Riandi ketua kelompok tani, kepada Bogor In, Selasa 26/11/2016.

Ahmad mengatakan setelah kurung waktu satu tahun dengan menggagas kopi ini,  karna mendapatkan respon yang sangat bagus, kami olah dan mulai merintis dari awal, tarnyata mendapat dukungan dari Pemerintah Kecamatan Rumpin dan Pemerintah Desa Rabak.

“Produk kopi asli Rumpin dari kelompok Sugi tani, kami namakan kopi Rumasa (Kopi Rumpin Punya Rasa). Kopi yang dihasilkan dari lahan yang dikelola oleh kelompok Sugi tani yang terdata seluas 30 Hektar, tapi yang baru di kelola secara benar-benar hannya 5 hingga 6 hektar, “jelasnya.

Ahmad menambahkan harga yang kita keluarkan yaitu, 100 gram seharga 20 ribu, karna kita masih meraba-meraba untuk melihat harga pasaran diluar sana. Dan alhamdulilah, pemesanan kopi asli Rumpin Rumasa ini, tembus ke luar Bogor seperti, Jakarta Bogor, Tangerang, Bekasi dan Depok.

“Penjualannya kita baru bisa kemasan, dan untuk saat ini hannya melalui pemesanan-pemesanan. Namun yang bukan kemasan kita tidak bisa, kalau bukan kemasan seperti greend pin tidak bisa, karna masih dalam penelitian wilayah, “imbuhnya.


Lanjut Ahmad menuturkan cara meracik kopi kopi Rumpin Rumasa ini sama seperti kopi-kopi lainnya. Tapi kopi kami yang kita kemas, lebih seteril karna karakter kopi Cijantur Rumpin punya karakter tersendiri secara masing-masing.

“Seperti dalam uji citarasa dari sejumlah Kecamatan se Kabupaten Bogor, kopi Rumpin Rumasa ini juara satu. Dari sejumlah Kecamatan yaitu Tenjo, Cigudeg dan Rumpin, kita citarasa memiliki nilai dari 8, 4. 23 dan 83, 9. “Tandasnya.

Sementara itu kasi ekbang Kecamatan Rumpin Mulyadi mengatakan pemerintah Kecamatan akan mendorong produk kopi Cijantur Rumpin Rumasa ini kepasaran. Menurutnya, masyarakat Rumpin juga harus tau prodak unggulan kopi asal Rumpin ini.

Justru kita ingin memunculkan prodak kopi Cijantur Rumpin Rumasa ini, dengan menarik berbagai distributor. Adanya kegiatan sekarang, dengan menggelar pasar murah di halam kantor Kecamatan Rumpin, selain UMKM lain dan juga agar bisa memunculkan kopi Cijantur Rumpin, “tuturnya.

Mulyadi menambahkan, pasar murah yang diperakarsai Dinas Perindustrian dan Perdagangan ini bertujuan mengdongkrak prodak-prodak lokal, dan yang kita inginkan adalah kopi Cijantur Rumpin Rumasa ini, sebab itu yang kita unggulkan untuk saat ini.

“Kedepan kita akan memikirkan, ada modal ada produksi dan pemasaran. Pemerintah Kecamatan akan memfasilitasi untuk melakukan pembinaan, dijaman milenial kita akan memanfaatkan media sosial untuk melakukan pemasaran dalam pengembangan secara teknologi kedepan, “pungkansnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here