BOGOR- Bidang Pemasaran Pariwisata Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Bogor mengikuti lomba mobil hias pada Festival Bunga dan Buah Nusantara 2019 yang diselenggarakan oleh Dinas Tanaman Pangan Hortikultura dan Perkebunan Kabupaten Bogor, IPB University, Asbindo, dan Himpunan Mahasiswa Agronomi Fakultas Pertanian IPB. Kegiatan diselenggarakan di Stadion Pakan Sari, tanggal 30 November 2019.

Menurut Kepala Bidang Pemasaran Pariwisata Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Bogor, Ibu Titi Sugiarti, ST., konsep The City of Sport and Tourism dipilih sebagai bentuk komitmen Dinas Kebudayaan dan Pariwisata untuk menjadikan Bogor sebagai pusat wisata dan olahraga. Gerbang 7 pilar di bagian depan mobil menjadi simbol Pemerintah Daerah Kab. Bogor dan jalan raya yang menunjukkan kesiapan Pemda dalam menyambut pengunjung untuk datang ke Kabupaten Bogor.

Pada Bagian depan disambut oleh suasana kebun teh dan Puncak sebagai icon pariwisata yang paling terkenal di Kabupaten Bogor. Paralayang menyambut di puncak mobil. Paralayang merupakan salah satu bentuk olehraga dan wisata yang menjadi primadona di kawasan Puncak. Turun ke bagian belakang, pemirsa dimanjakan dengan simbol Taman Safari Indonesia. Dua panda kebanggaan Taman Safari Indonesia, Hu Chun dan Cai Tao menyambut di dalam istana iconic mereka. Tak lupa sisi kiri kanan mobil hias menyajikan air terjun yang menunjukkan Bogor memiiki 7 air terjun terbaik di Indonesia. Air terjun Cigamea, Cilember, Bojong Koneng, Ngumpet, Seribu dan Nangka merupakan wisata air terjun yang telah banyak diliput media nasional dan internasional.

Memasuki bagian dalam mobil hias pemirsa dimanjakan dengan pemandangan lapangan Golf. Kabupaten Bogor telah ditetapkan sebagai the Best Region for Golf Destination In Asia Pacific pada the Asian Golf Award di Vietnam tahun 2017. Kabupaten Bogor memiliki event golf tahunan terbesar se Asia Fasifik, Bogor Wonderful Golf. Menurut Mentri Pariwisata RI, Arief Yahya, Golf adalah Bogor. Simbol Golf disajikan untuk mendukung icon wisata olahraga di Kabupaten Bogor.
Selanjutnya terdapat miniatur stadion Pakan Sari. Stadion olehraga kebanggaan Kabupaten Bogor ini merupakan stadion berstandar internasional yang telah dipercaya menggelar lebih dari 50 pertandingan sepakbola internasional. Stadion Pakan Sari menyimbolkan Bogor sebagai kota olahraga internasional yang menjadi relevansi Bogor sebagai kota olahraga dunia.
Pada bagian bawah disajikan simbol U-20 tahun 2021. Kabupaten Bogor di Stadion Pakan Sari telah dipercaya sebagai salah satu tuan rumah perhelatan besar olehraga dunia tersebut. Tentunya ini merupakan kebanggan warga Kabupaten Bogor.


Lebih lanjut, Ibu Titi juga menjelaskan, tema yang diangkat dalam mobil hias ini juga mengusung tinggi komitmen pemerintah pusat dan Jawa Barat dalam mempromosikan sektor pariwisata. Hal ini tampak jelas dari logo Pesona Indonesia yang ada di samping kiri mobil hias berdampingan dengan logo Pesona Bogor yang berada di samping kanan.
Secara keseluruhan pembuatan mobil hias memerlukan waktu 7 hari. Sesuai dengan ketetapan panitia, mobil hias terdiri dari 35% bunga hias dan 35% buah yang sepenuhnya dibeli dari warga Kabupaten Bogor. Selain sebagai ketentuan panitia, ini merupakan bentuk komitmen Bidang Pemasaran Pariwisata Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Bogor dalam membantu pemasaran bunga dan buah petani lokal Kabupaten Bogor.
Kegiatan ini diorganisir oleh PT. Calanthe Dinata Aninya. Bersama dengan MaCDA management PT. Calanthe Dinata Aninya sebelumnya telah berhasil mengorganisir Festival Angklung, Pengiriman misi kesenian ke Batam dan Jogja, Festival Silat Cimande dan Festival Kaulinan Urang Lembur.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here