Berbicara mengenai mode pada era yang semakin berkembang ini tidak akan ada habisnya. Banyak kaum milenial yang ingin selalu tampil percaya diri dengan menggunakan barang bermerek, tentunya untuk mendapatkan barang bermerek tersebut harus mengeluarkan uang banyak. Namun, sejak dibukanya Original Branded Exports Store kita dapat membeli berbagai produk brand ternama dengan harga murah.
Pada bulan Agustus lalu, Original Branded Exports baru saja membuka tokonya di Jalan Jendral Sudirman No.32, tepatnya di sebrang Museum Pembela Tanah Air (PETA) Air Mancur – Bogor. Toko yang memiliki konsep minimalis ini menyediakan berbagai produk sisa eksport dengan brand-brand ternama seperti H&M, Adidas, Uniqlo, Champion, dan produk-produk branded Indonesia yang cocok untuk di eksport. Meski menjual produk sisa eksport, kualitasnya tetap bagus.
Semakin menjamurnya toko-toko baju saat ini, membuat persaingan bisnis semakin ketat.
Pemilik toko Wilden Billy Mardiono mengatakan untuk menghadapi persaingan bisnis dengan simpel, memberikan harga murah, kualitas bagus dan pelayanan yang baik. “Kita melayani costumer itu tidak dikejar-kejar, costumer bisa memilih sendiri barang yang akan dibeli tanpa merasa risih, dan saya memberi edukasi pada pelayan toko agar tidak merengek untuk dibeli,” kata Billy.
Pemilik toko memulai usaha ini 5 tahun lalu dengan menjual baju-baju bekas di instagram @bajubekas_oke yang hingga kini masih aktif dan memiliki ribuan followers. Untuk saat ini penjualan daring hanya dapat dipesan melalui instagram. “Kita menjual produk tidak ke market place, jadi hanya instagram saja, karena alhamdulillah sampai saat ini masih keteteran, takut costumer marah-marah tidak kebagian di online,” kata pria yang memulai usaha dari uang 200 ribu rupiah.
Toko ini tidak hanya menjual baju saja, namun mereka juga menjual mens appareal, mens underware, t-shirt, jacket, hingga pakaian untuk winter. Harganya pun bervariatif mulai dari Rp. 50.000 – Rp. 350.000. Waktu operasional tokonya ada dua, yaitu online dan offline, untuk online mulai pukul 08.00 – 22.00 WIB, sedangkan untukĀ  offline pukul 10.00 – 22.00 WIB. Selain di Bogor, Billy juga membuka tokonya di Jogjakarta.
Reporter: Hadrina Mifta
Editor: Robby Firliandoko

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here