BOGOR – Universitas Djuanda (UNIDA) Bogor selenggarakan Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) Tahun Akademik 2020/2021 secara daring via Zoom Meeting dan Streaming Youtube pada 14 – 16 September 2020 yang bertajuk “Internalisasi Nilai-Nilai 21 Karakter Bertauhid”. PKKMB ini diikuti calon mahasiswa baru dari seluruh fakultas dan program studi di UNIDA Bogor.

Kegiatan acara ini dibuka pada tanggal 14 September 2020 dan dihadiri oleh Chancellor UNIDA Bogor, Dr. H. Martin Roestamy, SH., MH. dan juga selaku pemateri yang memaparkan materi yang berjudul “Visi, Misi dan Apa Kampus Bertauhid (Menggenggam dunia dengan Mengejar Akhirat)”, Ketua Umum Yayasan Pusat Studi Pengembangan Islam Amaliyah Indonesia(YPSPIAI), Dr. R. Hj. Siti Pupu Fauziah, S.Pd.I., M.Pd.I., Rektor UNIDA Bogor, Dr. Ir. Dede Kardaya, M.Si. selaku pemateri yang memaparkan materi yang berjudul “Mengenal Universitas Djuanda Bogor dengan Lebih Dekat” serta Dewan Penyantun UNIDA Bogor, Dr. H. Bambang Wijoyanto, SH., M.Sc. dan juga selaku narasumber yang memaparkan materi yang berjudul “Membangun Mahasiswa yang Berintegritas Sebagai Modal Dasar Pembangunan Nasional”.

Dalam pelaksanaan PKKMB kali ini terasa berbeda, karena dilakukan secara daring. Hal ini terjadi akibat dampak pandemi covid yang belum juga selesai melanda negeri ini, Bangsa Indonesia dan bangsa di negara-negara lain sedang dilanda wabah COVID-19. Kondisi ini memberikan tantangan dan peluang untuk kita bangkit serta keluar dari rutinitas yang ada.

Berdasarkan kebijakan pemerintah tentang bekerja, belajar, dan ibadah dari rumah menjadikan momentum yang baik untuk menciptakan kreativitas dan memanfaatkan teknologi sesuai dengan eranya. Sesuai dengan panduan PKKMB yang dikeluarkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan maka Mahasiswa baru saat ini di wajibkan mengikuti kegiatan PKKMB secara daring dilaksanakan dirumah masing-masing.

Wakil Rektor I Bidang Akademik UNIDA Bogor, Dr. Ir. Elis Dihansih, M.Si. dalam laporannya menyatakan bahwa PKKMB ini diikuti oleh seluruh mahasiswa dari semua fakultas di UNIDA Bogor dan PKKMB ini menjadi wahana penanaman 5 program gerakan revolusi mental.

“Saya ucapkan terima kasih kepada para narasumber dan terima kasih juga kepada seluruh panitia PKKMB serta selamat mengikuti PKKMB 2020 bagi mahasiswa baru UNIDA Bogor. Kegiatan PKKMB diharapkan menjadi wahana dalam penanaman 5 program gerakan nasional revolusi mental yaitu Indonesia melayani, Indonesia bersih, Indonesia tertib, Indonesia mandiri, dan Indonesia bersatu. Sehingga melalui PKKMB memberikan bekal awal agar mahasiswa kelak akan menjadi alumni perguruan tinggi yang memiliki kedalaman ilmu, keluhuran akhlak, cinta tanah air, dan berdaya saing global,” tutur Dr. Ir. Elis Dihansih, M.Si.

Pemateri pertama yaitu Chancellor UNIDA Bogor, Dr. H. Martin Roestamy, SH., MH. dalam penyampaian materinya menyatakan bahwa kegiatan ini bertujuan agar mahasiswa khususnya mahasiswa baru tahun akademik 2020/2021 paham dengan UNIDA Bogor kampus bertauhid dan memiliki motto “Menggenggam Dunia dengan Mengejar Akhirat” yang menjadi satu-satunya universitas di Kabupaten Bogor dan satu-satunya kampus bertauhid di Indonesia dan sesuai dengan tema PKKMB ini bahwa UNIDA memiliki 21 Karakter Bertauhid yang harus dimiliki oleh setiap mahasiswa atau seluruh insan UNIDA Bogor.

“Sesuai dengan tema PKKMB yaitu “Internalisasi Nilai-Nilai 21 Karakter Bertauhid” maka dengan kegiatan ini diharapkan seluruh mahasiswa UNIDA Bogor paham akan 21 Karakter Bertauhid yang di gali dari Local Wisdom, National Wisdom, Global Wisdom, Spiritual Wisdom. Local Wisdom meliputi Cageur, Bageur, Bener, Pinter dan Singer. Nasional Wisdom meliputi Nasionalitas, Integritas, Loyalitas, Respeksitas, Kapasitas. Global Wisdom meliputi Awareness, Accountability, Participatory, Creativity, dan Adversity. Dan Spiritual Wisdom meliputi Siddiq, Amanah, Fathonah, Tabligh dan Istiqomah serta yang terakhir yaitu Bertaqwa. 21 Karakter Bertauhid ini wajib dipahami dan diamalkan oleh seluruh insan UNIDA Bogor termasuk didalamnya mahasiswa,” ungkap Dr. H. Martin Roestamy, SH., MH.

Rektor UNIDA Bogor, Dr. Ir. Dede Kardaya, M.Si. dalam penyampaian materinya yang berjudul “Mengenal Universitas Djuanda Bogor dengan Lebih Dekat” memaparkan mengenai struktur organisasi dan sumber daya manusia di lingkungan UNIDA Bogor, termasuk organisasi kemahasiswaan yang menjadi bagian integral UNIDA Bogor sebagai lembaga pendidikan tinggi.

“Dalam rangka membangun kampus merdeka serta merdeka belajar yang di canangkan oleh pemerintah, UNIDA Bogor senantiasi melakukan pemutakhiran kurikulum sesuai dengan kebutuhan yang mampu menjawab tantangan zaman. Guna mendukung hal tersebut salah satu upaya yang dilakukan Saat ini yaitu mengembangkan salah satu sarana praktik UNIDA Bogor bernama Citeko Farm yang terletak di Puncak Bogor dengan seluas 6,3. Pengembangan citeko farm ini merupakan wujud nyata dari komitment UNIDA Bogor sebagai Universitas yang Akrab lingkungan sebagaimana lirik yang tertuang dalam hymne UNIDA Bogor dan salah satu bentuk pengamalan 21 karakter bertauhid.,” ungkap Dr. Ir. Dede Kardaya.

Kegiatan hari kedua PKKMB UNIDA Bogor 2020 diisi oleh perkenalan tiap fakultas yang ada di UNIDA Bogor (15/9) dan untuk hari ketiga yaitu perkenalan UKM-UKM yang ada di UNIDA Bogor serta penutupan PKKMB UNIDA Bogor 2020 (16/9).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here