Bidang Pemasaran Pariwisata Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Bogor bekerjasama dengan Paguyuban Mojang dan Jajaka Kabupaten Bogor menyelenggarakan Lomba Masker Kreatif Tingkat Nasional. Menurut Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Bogor, Muliadi, S. Sos, lomba diselenggarakan sebagai bentuk kesadaran akan pentingnya protokol kesehatan dan dukungan Kabupaten Bogor terhadap Adaptasi Kebiasaan Baru atau New Normal di tingkat Jawa Barat dan Nasional di masa pandemi Covid-19. Penyelenggaraan lomba juga merupakan sarana alternatif Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Bogor untuk menghidupkan sektor pariwisata melalui kegiatan inovatif.
Menurut Kepala Bidang Pemasaran Pariwisata Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Bogor, Ir. Dedi Hernadi, MA., lomba Masker Kreatif memiliki sasaran kegiatan untuk meningkatnya kesadaran masyarakat dalam memaksimalkan diri, meningkatkan kepedulian masyarakat dalam mensukseskan program pemerintah, dan meningkatnya kesadaran masyarakat akan potensi sektor pariwisata daerah. Pada akhirnya, pelaksanaan lomba diharapkan dapat membuat seluruh elemen masyarakat merasa terlibat dalam mendorong sektor pariwisata di pasa pandemi ini.

Menurut Ketua Panitia, Dwi Permana dari Paguyuban Mojang dan Jajaka, lomba yang mengusung tema “Maskermu, Gayamu, Pelindungmu” diikuti oleh 115 peserta dari seluruh wilayah Indonesia. Peserta lomba berasal dari Jawa Tengah, Jawa Timur, Sumatera Barat, Sumatera Selatan, Kepulauan Samosir, Aceh, Batam, Benkulu, Bangka, Jambi, Binjai Kepulauan Riau dan tentunya juga dari Jawa Barat dan Kabupaten Bogor.

Dewan juri yang terdiri dari Eko Tjandra (fashion designer Indonesia), Ayundavira Intan (frofessional designer) dan Kenichiwakey (fashion stylist) menentukan 9 unggulan dari 115 peserta. Kesembilan unggulan tersebut adalah:
1. Ani Norida Jen Riyanah, Kebumen Jawa Tengah
2. Achmad Bayu Hadi, Kabupaten Bondowoso Jawa Timur
3. Waode Nur Oktaviansyah, Kabupaten Bogor Jawa Barat
4. Rizky Ramadhan, Kota Depok Jawa Barat
5. Sri Listiani, Kabupaten Bogor Jawa Barat
6. Febry Wahyu Kurniawan, Kabupaten Bogor Jawa Barat
7. Ilham Maulana Yusuf, Kabupaten Bandung Jawa Barat
8. Reynaldi Mulia Thamrin, Jakarta Pusat, DKI Jakarta
9. M. Fadelraya, Kabupaten Bogor, Jawa Barat
Pemenang lomba yang berhak mendapatkan hadiah uang pembinaan sebesar Rp. 10.000.000,- adalah Rizky Ramadhan, Kota Depok Jawa Barat. Menurut Rizky Ramadhan yang diwawancara via online saat closing ceremony, masker yang mengusung tema tugu tegar beriman dibuat untuk memperkenalkan icon Kabupaten Bogor. Menurut Juri, Eko Tjandra, masker karya Rizky menjadi pemenang karena memenuhi standar kesehatan, iconic, fashionable dan saleable. Ke delapan unggulan lain memperoleh hadiah uang pembinaan sebesar Rp. 1. 000.000,- per orang.
Video clip dari pemenang dan kesembilan unggulan dapat dilihat di instagram @pesonabogor_kab dan @mokakabbogor.
Kegiatan closing ceremony dan pengumuman pemenang dilaksanakan di RM Ampera Sentul Kabupaten Bogor, 6 September 2020 dengan memperhatikan protokol kesehatan. Unggulan lomba dan juri hadir secara virtual. Penonton hadir secara virtual melalui live instagram @pesonabogor_kab dan @mokakabbogor. Kegiatan closing ceremony dan pengumuman pemenang dimeriahkan oleh tarian tradisional dan band yang menonjolkan kreativitas anak muda di Kabupaten Bogor.
Kegiatan ini diorganisir oleh PT. Calanthe Dinata Aninya. Bersama dengan MaCDA management PT. Calanthe Dinata Aninya sebelumnya telah berhasil mengorganisir Lomba Cipta Lagu dan Lomba Iklan Kreatif Tingkat Nasional, Festival Angklung, Pengiriman misi kesenian ke Batam dan Jogja, Festival Silat Cimande dan Festival Kaulinan Urang Lembur.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here