Reporter: Krisnia
Editor: Sausan De Ananda

BOGORIN.com, Bogor – Museum Perjuangan menggambarkan situasi Negara Republik Indonesia di daerah eks Karesidenan Bogor, Jawa Barat, sejak Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia 17 Agustus 1945 – 27 Desember 1949. Museum ini diresmikan dan dibuka untuk umum pada tanggal 15 Agustus 1958 oleh Paglima T.T III/Siliwangi Kol. R. A. Kosasih. Maksud dan tujuan pendirian Museum Perjuangan Bogor diantaranya :

1. Untuk mewariskan semangat dan jiwa serta nilai juang 45 kepada generasi sekarang dan yang akan datang (penerus pejuang bangsa).

2. Untuk menyimpan benda bersejarah yang dipergunakan dalam Revolusi Fisik Perang Kemerdekaan RI tahun 1945 (aksi militer Belanda I dan II).

3. Agar generasi penerus tidak “Adam lali tapal”, yakni generasinya yang tidak khilaf pada asal. Asal Bangsa Indonesia yang mempunyai ciri dan pribadi Indonesia serta berwawasan Nusantara yang dituangkan dalam falsafah negara kita Pancasila.

Museum ini terletak di Kp. Parung Jambu, Kota Bogor, Jawa Barat, Jl. Merdeka No.56, RT.04/RW.01, Ciwaringin, Kecamatan Bogor Tengah, Kota Bogor, Jawa Barat 16124.

”Museum ini ada di jalan merdeka yang dulunya Ciseumeh, mengapa sekarang disebut jalan merdeka karena adanya museum ini” ujar Pak Ben sebagai petugas museum ini.

“Apapun yang ada di sini itu asli, yang pernah dipakai dan semua senjata yang ada di sini adalah hasil rampasan dari Belanda dan Jepang ada juga sebagian kecil dari lainnya” tegas Pak Ben, petugas museum.

Tidak ada benda yang paling menonjol di museum ini, karena sekecil apapun peninggalan para pahlawan dan para pejuang maka itulah bukti peninggalan yang menandakan adanya perjuangan. Adapun beberapa benda peninggalan sejarah yaitu Jukikanju, bambu runcing, diorama, atribut kepanduan, mortir Jepang, senapan panjang, baju para pahlawan, dan masih banyak lagi.

Musium ini seharusnya banyak di kunjungi oleh berbagai kalangan usia untuk mendapatkan manfaat dan tujuan di dirikannya museum ini. Karena di masa sekarang orang lebih memilih untuk datang ke mall atau tempat wisata alam di bandingkan ke tempat bersejarah seperti ini. Namun jika kita melihat bukti-bikti perjuangan pahlawan di Museum Perjuangan Bogor ini kita akan mendapat begitu banyak wawasan dan kita akan semakin termotivasi dan menimbulkan rasa nasionalisme yang mendalam.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here