Sumber: Wattpad

Reporter : Sausan De Ananda

BOGORIN.com, Bogor – Sepatu merupakan layaknya pakaian yang kita gunakan setiap hari. Seperti banyak wanita yang hobi koleksi sepatu mahal dan cantik tapi kurang perhatian dalam menyimpan serta merawatnya. Sepatu kesayangan kalian akan menjadi rusak bahkan mengeluarkan aroma bau tidak enak sehingga kamu pun tidak percaya diri tampil dengan sepatu kesayanganmu itu.

Jangan khawatir, lakukan tips dan trik ini di jamin kamu bisa merawat sepatu kesayangan kamu dan menghilangkan bau tidak enak di dalamnya. Penasaran bagaimana caranya? Simak tips dan trik ini sampai selesai ya!

1. Gunakan Rak Sepatu Terbuka
Apakah setiap hari kamu mengenakan sepatu yang sama? Jika iya, sebaiknya simpan pada rak sepatu yang terbuka. Hal ini karena sepatu yang sering kamu gunakan sangat rawan lembap akibat kotoran dan keringat. Dengan menyimpannya di rak terbuka, sepatu tersebut bisa mengalami pergantian udara lebih optimal dan meminimalisir tumbuhnya jamur yang dapat merusak sepatu serta menghasilkan bau tidak enak.

2. Simpan Sepatu yang Jarang Digunakan Dengan Silica Gel
Untuk koleksi sepatu yang jarang kamu gunakan, silakan simpan pada kotak penyimpanan khusus untuk sepatu. Akan tetapi, jangan lupa tambahkan silica gel di dalam kotak sepatu tersebut agar kelembapannya lebih terjaga. Selain itu, kamu juga bisa menggunakan kotak sepatu transparan atau menambahkan label pada setiap kotak untuk memudahkanmu saat mencari sepatu yang akan di pakai.

3. Jangan Simpan Sepatu Dengan Cara Ditumpuk
Tak bisa dipungkiri, banyak orang yang menyimpan sepatu dengan cara di tumpuk supaya lebih hemat tempat. Meskipun cara ini berlaku untuk penyimpanan sandal, tapi menumpuk sepatu bisa membuat perubahan bentuk pada sepatu tersebut. Dengan demikian, kamu jadi merasa tidak nyaman saat mengenakannya. Oleh karena itu, simpanlah sepatu dengan menyusunnya secara rapi dan bersebelahan di tempatnya.

4. Jangan Simpan Sepatu Dalam Keadaan Basah
Kondisi sepatu yang basah sangat mudah mendatangkan jamur dan bau tidak enak. Oleh karena itu, jangan pernah menyimpan sepatu yang masih basah ke dalam kotak atau rak sepatu. Biasakan untuk selalu mengeringkan sepatu terlebih dahulu, seperti menjemurnya di bawah sinar matahari atau meletakkannya di luar ruangan sebelum memasukannya ke dalam tempat penyimpanan sepatu. Hal ini juga merupakan salah satu cara menghilangkan bau sepatu yang cukup efektif.

5. Gunakan Produk Pembersih Sepatu
Untuk memaksimalkan proses merawat sepatu, Kitt dan Joni merekomendasikan untuk menyimpan semua perlengkapan pembersih sepatu anda, seperti pembersih, semprotan pelindung dan banyak lagi, di dekat keranjang rak sepatu. Itu untuk mengingatkan Anda agar jangan lalai membersihkan sepatu.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here