Beranda UMKM Makna WFH, Berkembangnya Bisnis Rumahan

Makna WFH, Berkembangnya Bisnis Rumahan

Foto : Istimewa

BOGORIN.com, Pandemi Covid-19 yang mulai masuk ke Indonesia pada awal tahun ini tentu berdampak pada berbagai sektor, terutama sektor perekonomian. Demi mencegah penyebaran virus, pemerintah memerintahkan untuk pekerja melakukan Work From Home atau bekerja dari rumah. Salah satu pekerja yang diharuskan menetap dirumah yaitu, Widya (48) yang tinggal di daerah Cibinong, Kabupaten Bogor.

Dalam keberlangsungan WFH, Widya memilih membuka usaha makanan ringan seperti puding, brownies, proll tape, hingga kue kering. “Untuk mengisi waktu luang dan menambah pendapatan,” ujarnya.

Widya mengaku dirinya sudah lama menyukai dunia memasak. Sebelum pandemi masuk ke Indonesia, dirinya hanya mengembangkan kemampuannya pada hari libur dan melalui internet. “Zaman sekarang kan, sudah mudah mendapatkan segalanya di internet. Jadi belajar dari internet saja,” tuturnya lagi.

Ketika hari raya datang, Widya juga membuat kue-kue kering yang kemudian dijual. Lalu untuk mengembangkan bakatnya, ia juga beberapa kali mengikuti baking class. Hasilnya, ia mendapatkan varian menu untuk penjualanannya

Menurut Widya, dalam membuat aneka makanan ringan, diperlukan kreativitas yang dapat membedakan makanan miliknya dengan makanan yang sudah ada di pasaran. Contohnya topping yang digunakan dalam brownies dan bolu miliknya.

Sementara itu, penjualanan dilakukan melalui aplikasi WhatsApp dan Facebook. “Ke depannya ingin mencoba penjualanan melalui media sosial lainnya seperti instagram, juga membuat website,” kata ibu dari tiga anak tersebut.

Ketika ditanya mengenai apa makna yang didapat dari bekerja di rumah, Widya berkata bahwa ia mendapatkan hikmah lain yaitu dapat mengembangkan usaha kecil-kecilan yang berkaitan dengan bakatnya. Meski begitu, dirinya berharap agar pandemi ini segera berakhir.

Reporter: Mutiara Nur Shafira Aryandhini

Editor: Sania Chandra Nurfitriana

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here