Reporter : Adityaputra Dewantara
Editor : Sausan De Ananda

BOGORIN.com, Karanganyar – Bulan Agustus merupakan bulan yang identik dengan berbagai macam keseruan, berbagai macam acara, dan bermacam jenis perlombaan untuk menyambut bulan Kemerdekaan Negara Indonesia.

Selain berbagai macam keseruan tersebut, hampir seluruh masyarakat di seluruh Indonesia berlomba-lomba dan bersemangat menghias lingkungan hidupnya. Baik lingkungan kampung, lingkungan pendidikan, lingkungan kantor, dan lain-lain. Namun seiring berkembangnya zaman, gaya hiasan untuk menyambut kemerdekaan juga mengikuti zaman yang dikatakan modern bahkan sangat modern.

Jika zaman dahulu banyak hiasan berupa bendera Indonesia yang terbuat dari kertas atau bahan-bahan lainnya dan setiap jalanan dihiasi umbul-umbul (bendera hiasan), nampaknya suasana tersebut mulai memudar. Hal itu diungkapkan Tiko Yudhi (22) “Sekarang zamannya mungkin sudah berubah, jika dulu waktu saya kecil hiasan masih bendera Indonesia dari kertas yang di gantung diatas jalan desa, di depan rumah, dan lain-lain. Kini mulai hilang dan sudah berganti zaman. Sekarang banyak sekali lampu-lampu yang menghiasi jalanan kampung dan akan terlihat lebih meriah saat malam hari”.

Namun, dengan adanya lampu kelap-kelip yang menghiasi jalanan kampung, depan rumah warga, dan lain-lain. Tidak mengurangi kreativitas warga untuk mendesain semeriah mungkin demi menyambut hari Kemerdekaan Negara Indonesia.

Ketua RT setempat, Ngadiyanto (54) mengungkapkan, “Tentunya ini sangat berbeda dengan zaman-zaman sebelumnya. Apalagi saya sebagai orang tua melihat kreativitas anak-anak zaman sekarang cukup luar biasa. Ya memang budaya lama seperti hiasan bendera dan umbul-umbul sudah tidak banyak digunakan, tapi bukan berarti kreativitas itu menurun. Dengan adanya terobosan baru tersebut membuat suasana juga semakin meriah”.

Pemasangan lampu hias tersebut juga tidak sembarangan diletakan. Warga setempat menyesuaikan bentuk dan menyeragmkan dari ujung jalan hingga terlihat seperti lorong kampung yang meriah untuk menyambut Kemerdekaan Negara Indonesia yang lebih berwarna.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here