Sumber : watsons.co.id

BOGORIN.com, Bogor – Memiliki wajah yang cantik serta kulit yang lembab dan glowing merupakan impian setiap para wanita ya. Dengan menggunakan skincare akan membuat mereka tampil lebih percaya diri. Namun, tidak semua hasil dari menggunakan produk skincare dapat memuaskan diri kita. Ini semua bukan penyebab dari produk skincare apa yang kamu pakai, tapi bisa jadi karna kamu salah dalam cara menggunakan skincare ini dan hasilnya pun jadi tidak maksimal.

Sebelumnya, kamu harus perhatikan dulu tiga langkah utama dan mendasar dalam rutinitas perawatan kulit, yaitu yang pertama mencuci wajah, menyeimbangkan kulit dan melembapkan kulit. Tujuan dari setiap perawatan kulit adalah untuk mempertahankan warna kulit dan mengatasi masalah kulit. Kamu juga harus memberikan jarak penggunaan antara satu produk ke produk lainnya agar masing-masing produk bisa menyerap secara sempurna ke dalam kulit dan tidak tercampur dengan produk  selanjutnya. Tipsnya, aplikasikan produk perawatan kulit sesuai dengan konsistensinya ya , dari yang paling cair hingga yang paling kental.

Dilansir dari lorealparis.co.id, seperti ini urutan yang benar dalam menggunakan skincare:

1. Micellar water atau makeup remover
Selalu bersihkan wajah menggunakan micellar water atau makeup remover, terutama setelah menggunakan makeup. Langsung mencuci muka dengan sabun pembersih wajah tidak mengangkat semua kotoran dan sisa makeup yang melekat di wajah. Akibatnya pori-pori bisa tersumbat lalu kemudian muncul komedo dan jerawat.

2. Sabun pencuci wajah
Mencuci wajah menggunakan facial foam dan sabun pencuci wajah merupakan tahapan skincare yang benar selanjutnya. Gunanya adalah untuk memastikan semua kotoran dan produk yang tersisa di wajah terangkat secara total. Belum lagi, mencuci wajah dengan air dapat menyegarkan kulit.

3. Eksfoliasi
Hindari mengeksfoliasi kulit wajah setiap hari karena akan merusak lapisan pelembap alami kulit. Cukup lakukan deep cleansing ini 2-3 kali dalam seminggu untuk mengangkat sel-sel kulit mati dan kotoran yang membandel di wajah.

4. Toner
Urutan skincare ini sering di lewatkan karena tidak di anggap esensial. Padahal, toner sangat berguna terutama untuk anda yang memiliki kulit berminyak dan mudah berjerawat. Toner membantu menyeimbangkan pH kulit serta menyegarkan kulit yang cenderung kering setelah di bersihkan.

5. Essence
Manfaat utama essence adalah memberi kelembapan bagi kulit wajah sehingga siap untuk menerima dan mengikat manfaat dari produk perawatan yang selanjutnya anda gunakan. Essence memiliki 1-2 bahan aktif dalam bentuk konsentrat; teksturnya cair dan ringan sehingga mampu meresap ke lapisan epidermis kulit untuk membantu merawat kulit dari dalam.

6. Serum, ampul, atau booster
Tahapan perawatan lanjutan menjadi urutan skincare berikutnya. Serum sangat penting untuk perawatan kulit karena memiliki kandungan nutrisi berupa berbagai bahan dalam konsentrat. Serum berfungsi untuk membantu merawat kulit, karena itu bahan-bahannya di pilih yang dapat menyerap ke epidermis kulit. Ampul atau booster memiliki fungsi yang kurang lebih sama dengan serum, hanya dengan konsentrasi bahan yang lebih tinggi.

7. Sheet mask
Sheet mask berfungsi untuk menutrisi dan melembapkan kulit. Gunakan sheet mask tiga kali seminggu atau saat ada kebutuhan khusus, misalnya sebelum menggunakan makeup untuk acara penting atau saat kondisi kulit sedang kering-keringnya.

8. Krim mata
Setelah wajah ternutrisi, urutan skincare selanjutnya adalah mengunci semua nutrisi ini dengan krim pelembap, di mulai dengan krim mata. Krim mata membantu melembapkan kulit di sekitar mata sekaligus membantu melawan tanda-tanda penuaan kulit.

9. Krim pelembap
Pelembap tak hanya berfungsi untuk melembapkan kulit wajah, tapi juga membantu mengunci semua nutrisi dari perawatan sebelumnya di kulit serta menyamarkan keriput dan garis-garis halus. Bedakan penggunaan pelembap pada pagi dan malam hari karena memiliki kandungan bahan dan manfaat yang berbeda.

10. Sunscreen
Urutan skincare terakhir adalah penggunaan sunscreen pada pagi hari. Paparan sinar matahari yang terlalu lama bisa merusak kulit dan membuat kulit mengalami penuaan dini. Anda bisa menggunakan sunscreen atau pelembap yang mengandung sunscreen untuk melindungi kulit wajah dari sinar UV matahari.

Reporter : Sausan de Ananda

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here