Bogorin.com – Buah pisang kepok menjadi salah satu jenis buah pisang yang sering di konsumsi oleh masyarakat Indonesia. Hal ini bukan tanpa alasan, pasalnya pisang ini memang dikenal memiliki cita rasa yang manis. Dari tekstur dagingnya keras namun tetap lembut sehingga lebih enak disantap. Buah pisang kepok termasuk jenis pisang yang harus diolah terlebih dahulu dalam mengonsumsinya.

Manfaat pisang kepok

Pisang kepok mengandung banyak serat alami yang bermanfaat untuk melancarkan pencernaan. Pencernaan yang lancar tentunya akan mencegah munculnya sembelit dan konstipasi. Kandungan zat pectin pada pisang kepok bermanfaat untuk mencegah sembelit dan kontipasi. Pisang kepok juga mengandung kalium yang bermanfaat untuk memaksimalkan penyerapan kalsium pada tulang, sehingga tulang akan menjadi kuat dan akan terhindar dari gangguan kesehatan tulang. Selain itu, pisang kepok juga mengandung pribiotik yang membantu tubuh agar dapat menyerap nutrisi dengan baik.

Bagi anda yang memiliki tekanan darah tinggi, mengonsumsi pisang kepok dapat membantu tubuh mengendalikan tekanan darah. Kandungan sodium dan kalium pada pisang kepok akan membantu tubuh mengontrol tekanan darah. Selain itu, mineral kompleks dalam pisang kepok juga dapat mencegah naiknya tekanan darah.

Aneka Olahan Pisang Kepok

Pisang kepok merupakan jenis pisang yang sering diolah menjadi cemilan. Tekstur yang padat dan rasa yang manis, membuat pisang ini mudah untuk diolah menjadi berbagai cemilan.

Berikut beberapa resep olahan pisang kepok.

1. Kolak

Kolak merupakan jenis makanan yang sering ditemui. Pisang kepok biasanya juga diolah menjadi kolak. Bahan-bahan yang perlu dipersiapkan untuk membuat kolak adalah pisang kepok, gula merah, gula pasir, kolang kaling yang telah dicuci dan dibelah dua, 2 lembar daun pandan, 750 ml air, dan 65 ml santan.

Cara pembuatan:

  1. Kupas pisang lalu potong miring atau sesuai selera.
  2. Rebus air kemudian masukkan gula merah dan gula putih.
  3. Masukkan pisang kepok hingga warnanya berubah menjadi kecokelatan.
  4. Masukkan santan dan daun pandan.
  5. Tambahkan kolang-kaling dan aduk hingga matang.

2. Keripik Pisang

Pisang kepok juga dapat diolah menjadi keripik. Pembuatannya tidak susah dan anda bisa membuat sendiri di rumah. Bahan-bahan yang perlu disiapkan adalah pisang kepok, bawang putih, garam, gula dan minyak goreng.

Cara pembuatan:

  1. Kupas pisang kepok dan rendam dalam air.
  2. Iris pisang menggunakan alat pembuat keripik dan letakkan hasil irisan di nampan kering.
  3. Untuk bahan celupan, haluskan bawang putih dan campurkan dengan garam dan gula serta tambahkan air.
  4. Celupan pisang kemudian goreng sampai kuning kecokelatan.
  5. Tiriskan dan simpan di dalam toples.

 

Editor: Dea Rizky Ramadhan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here