Foto : Istimewa

BOGORIN.com, Ketika seseorang ingin menurunkan berat badan, maka perlu membatasi pola asupan makanan yang berlebihan dengan mempertimbangkan jumlah kalori yang masuk.

Yang lebih praktisnya harus makan makanan yang mengenyangkan dengan kalori yang sedikit. Karena jika mengonsumsi makanan yang berkalori tinggi secara berlebihan hanya akan membuat berat badan bertambah, apalagi jika dikonsumsi dengan cara yang tidak tepat.

Nah, makanan yang rendah kalori tersebut diantaranya yaitu yang kaya akan protein, serat, dan kandungan air.

Berikut ini 5 makanan tersebut :

1. Oatmeal

Oatmeal ini merupakan salah satu makanan yang mengenyangkan dan sehat. Karena oatmeal mengandung serat, mineral, vitamin, dan antioksidan.

Selain itu Oatmeal memiliki sumber yang kaya akan serat larut yaitu beta-glukan, yang dapat memperlambat pencernaan dan penyerapan karbohidrat.

Oatmeal baik dikonsumsi disetiap rutinitas sarapan pagi yang akan menurunkan semua asupan kalori didalam tubuh.

2. Buah-buahan Sitrus

Ada beberapa buah yang bisa menyebabkan berat badan bertambah, namun tidak dengan buah-buahan sitrus. Karena buah-buahan sitrus ini kaya akan kandungan air, seperti jeruk dan jeruk bali.

Buah-buahan sitrus tersebut mengenyangkan karena mengandung beberapa zat seperti, Vitamin C, serat, dan flavonoid.

Selain dapat menurunkan berat badan, buah-buahan sitrus juga dapat membantu menyehatkan kulit, fungsi hati, dan meningkatkan pencernaan.

3. Berondong Jagung

Camilan yang satu ini memang tak pernah luntur oleh waktu. Berondong adalah camilan yang mengembang karena udara ini kaya akan serat. Tidak usah khawatir dengan bertambahnya berat badan, berondong jagung bisa dikonsumsi sebanyak mungkin. Yang harus dilakukan yaitu dengan tidak menambahkan lemak (seperti mentega) pada berondong.

4. Telur Rebus

Telur adalah salah satu sumber protein hewani yang menyehatkan dan mengenyangkan. Selain itu, pengolahannya mudah tidak seperti bahan makanan lainnya. Telur merupakan protein lengkap, yang berarti telur mengandung sembilan asam amino penting.

Tak perlu menambah banyak kalori, dengan mengonsumsi telur akan membuat kenyang dalam waktu lama. Jika dilihat dari kandungan nutrisinya, satu telur rebus memiliki jumlah kalori sebesar 80 kalori.

Beberapa studi menunjukkan bahwa orang yang memakan telur mempunyai Indeks Massa Tubuh (BMI) yang redah dan berbobot relatif lebih ringan.

5. Keju

Keju memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, termasuk buat yang ingin menurunkan berat badan secara signifikan.

Alasannya adalah karena keju kaya akan kalsium, mengandung protein dan vitamin. Selain itu, Keju juga memberikan efek kenyang lebih lama, sebab komposisinya yang kompleks membuat keju sulit dicerna. (Elya Rosa Gobel)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here