Sumber : borneo24.com

Reporter : Sausan de Ananda

BOGORIN.com, Bogor – Cincau hijau (Cyclea barbata L. Miers) adalah salah satu tanaman rambat yang tumbuh subur di daratan Asia Tenggara, termasuk Indonesia. Tanaman dari suku Menispermae ini bisa tumbuh subur secara liar pada tanah gembur maupun dibudidayakan di pekarangan rumah. Ada empat jenis tanaman cincau yang dikenal masyarakat, yakni cincau hijau, cincau hitam, cincau minyak, dan cincau perdu. Cincau hijau sendiri memiliki karakteristik daun yang lemas sehingga mudah diperas, dan tidak mengeluarkan aroma langu layaknya cincau hitam sehingga relatif lebih di sukai oleh orang Indonesia.

Cincau hijau sering di pandang sebelah mata karena hanya dianggap minuman pelepas dahaga. Namun ternyata, cincau mengandung berbagai manfaat yang baik untuk kesehatan, diantaranya:

1. Mencegah Penyakit Kanker
Dalam daun cincau hijau terdapat antioksidan yang bersifat alami, antioksidan pun sangat dibutuhkan oleh tubuh guna menangkal serangan radikal bebas yang menyerang sel-sel tubuh, seperti halnya penyakit kanker yang notabene penyakit mematikan di dunia ini disebabkan oleh virus yang menyerang tubuh tak terkendali.

2. Menurunkan Tekanan Darah
Sebuah penelitian membuktikan salah satu manfaat cincau hijau yang paling mengagumkan adalah dapat menurunkan tekanan darah sehingga sangat baik dikonsumsi oleh anda yang menderita hipertensi. Senyawa bioaktif pada cincau hijaulah yang memiliki peran sebagai penurun hipertensi ini. Tak tanggung-tanggung, senyawa bioaktif ini langsung menyasar ke pusat jaringan, seperti jantung, vaskular, dan sistem saraf. Senyawa ini dapat berperan sebagai angiostensin receptor blocker (ARB), membantu mempercepat pembentukan urine (diuretik), dan juga menjadi antioksidan dalam proses stres oksidatif.

3. Menyehatkan Pencernaan
Berdasarkan studi yang di publikasikan di Procedia Chemistry, cincau hijau mengandung manfaat untuk menyehatkan pencernaan. Hal ini di dasarkan atas kandungan flavonoid pada daun cincau hijau itu sendiri. Secara spesifik, manfaat cincau hijau ini adalah mencegah terjadinya diare. Selain itu, mengonsumsi cincau hijau juga akan menyehatkan usus, mengatasi asam lambung, dan mempercepat kesembuhan sariawan.

Untuk membuat cincau hijau, ada dua cara yang dapat anda lakukan:

Daun cincau yang sudah di cuci bersih di remas-remas hingga keluar lendirnya, kemudian di campur dengan air matang. Air campuran yang berwarna hijau itu disaring, lalu dibiarkan mengendap hingga menghasilkan konsistensi seperti agar-agar. Daun cincau yang sudah di cuci bersih di blender bersama dengan air hangat, kemudian disaring dua kali. Air hasil saringan tersebut kemudian di masukkan ke lemari es hingga konsistensinya seperti agar-agar.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here