Sumber: Kumparan

BOGORIN.com, – Menjadi seseorang yang serba “tidak  enakan” alias  People Pleaser , demi selalu menyenangkan orang lain tentu lama kelamaan bikin capek diri sendiri. Bahkan, setiap keputusan biasanya dibuat berdasarkan bagaimana orang lain akan bereaksi atau justru apa yang diharapkan orang lain terhadap diri kalian sendiri.

Menjadi seorang Rakyat Pleaser  juga berdampak negatif bagi diri sendiri. Menyembunyikan perasaan yang ingin diutarakan, selalu bilang “iya” ketika sebenarnya ingin mengucapkan tidak, salah menilai orang lain secara berlebihan, selalu mengatakan baik-baik saja padahal sebenarnya kesulitan yang merupakan ciri dari seorang People Pleaser  .

Bahaya menjadi seorang People Pleaser  adalah keinginan orang lain untuk memanfaatkan hal tersebut. Tidak suka kalau kamu sampai dimanfaatkan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab? Makanya, yuk terapkan tips ini dalam hidupmu agar tidak lagi menjadi seorang People Pleaser .

1. Sadar Diri

Kamu harus sadar, kalau kamu punya kendali atas diri kamu sendiri. Misalnya, jika kamu harus menolak tawaran atau ajakan orang lain karena tidak punya waktu dan energi, ya sudah tolak saja. Kamu tentu sangat berhak untuk menolak jika situasi dan kondisi tidak mendukung.

2. Menjadi Otentik

Kamu harus paham jadi diri yang apa adanya, ada kamu selalu turutin kemauan orang lain. Coba deh lebih menghargai diri kamu sendiri, seperti apa yang kamu mau.

3. Berheti kebiasaan selalu bilang “Iya”

Ketika informasi satu hal, jangan buru-buru langsung bilang “Iya” namun diganti dengan kata-kata “Nanti aku kabarin lagi ya”. Jadi kamu bisa berpikir terlebih dahulu sebelum melakukan tindakan.

Nah, itu lah tips-tips apa saja yang bisa kamu lakukan untuk kebiasaan jadi People Pleaser. Menjadi seorang people pleaser merupakan suatu hal yang tidak ada untungnya lho. Seperti kata Kunto Aji dalam lagu Rehat (Album Mantra Mantra), “Yang sebaiknya kau jaga adalah dirimu sendiri.” Jangan lupa untuk mencintai diri sendiri, Sobat!

Editor: Dea Rizky Ramadhan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here