Foto : Istimewa

BOGORIN.com, Seseorang yang berada di daerah yang dingin biasanya rentan mengalami rambut yang kering. Jadi, butuh perawatan ekstra dalam mengatasi rambut kering tersebut.

Selain menjadi rutinitas perawatan rambut harian yang efektif, manfaat masker rambut dapat bekerja cepat untuk memastikan rambut rusak menjadi sehat, lembab, dan berkilau.

Meskipun masker rambut berbahan kimia mahal dan mudah didapat, tapi membuat masker rambut alami di rumah tidak ada salahnya.

Berikut 5 masker alami yang dapat mengatasi rambut kering.

1. Mengandung Berbagai Vitamin, Masker Labu + Minyak Kelapa

Ambil 1/4 labu dan dipotong menjadi beberapa bagian untuk dibuat menjadi bubur. Tambahkan dua sendok makan minyak kelapa dan aduk sampai rata.

Masker ini dioleskan ke rambut dan diamkan selama 20 menit sebelum membersihkannya.

Masker sederhana dari campuran labu dan minyak kelapa ini kaya akan vitamin-vitamin yang dapat membantu meningkatkan kelembapan pada rambut dan mempertahankannya.

2. Pisang Dan Minyak Zaitun : Masker Rambut Yang Menghidrasi

Caranya tumbuk satu buah pisang matang, lalu tambahkan satu sendok makan minyak zaitun. Aduklah sampai menjadi bubur tanpa gumpalan.

Kemudian, oleskan masker ini pada rambut. Diamkan selama 10-15 menit sebelum dicuci.

Karena pisang kaya akan nutrisi seperti kalium, sedangkan minyak zaitun mengandung Vitamin E dan lemak sehat, kombinasi kedua bahan ini dapat menghidrasi rambut yang kering, kusam, bahkan rusak.

3. Alpukat + Santan Kelapa + Minyak Zaitun : Masker Penguat Minyak Rambut

Satu buah alpukat matang ditumbuk dan campur dengan 1/2 cangkir santan kelapa dan satu sendok makan minyak zaitun. Pastikan pasta ini halus.

Setelah mengoleskan masker ini ke rambut, tutup rambut menggunakan penutup kepala selama 20-30 menit sebelum dibersihkan secara menyeluruh.

Masker ini memiliki manfaat kaya akan lemak dan protein, sehingga dapat membantu dalam menguatkan rambut.

4. Yoghurt Dan Lidah Buaya

Ambil gel lidah buaya (empat sendok makan) dan masukkan yoghurt (tiga sendok makan) dan dua sendok makan minyak pelarut apa pun.

Aduk sampai mendapatkan campuran yang kental.

Masker ini dioleskan ke rambut, mulai dari akar sampai ujung rambut. Diamkan selama 30 menit sebelum membilasnya.

5. Madu : Melembapkan Rambut

Untuk membuat masker rambut yang sederhana ini, cukup ambil satu sendok makan madu mentah dan campur dengan dua sendok makan minyak pelarut seperti jojoba, zaitun, kelapa, dll.

Oleskan campuran masker pada rambut, terutama pada ujung rambut. Diamkan selama 20 menit, setelah itu bilas dengan sampo.

Madu adalah humektan, artinya sesuatu yang dapat menjaga kelembapan. Jadi, madu secara alami bermanfaat untuk meningkatkan kelembapan pada rambut kering.

Kombinasi bahan-bahan di atas dapat memulihkan kekeringan dan kerusakan pada rambut. Selamat mencoba! (Elya Rosa Gobel)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here