Foto : Istimewa (pinterest)

BOGORIN.com, Dengan adanya perpanjangan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) Transisi di berbagai kota, mengundang banyak orang untuk melakukan staycation bersama keluarga yaitu dengan menginap di hotel. Hal tersebut dilakukan guna menghilangkan rasa bosan di kala pandemi.

Namun sebaiknya kita harus pahami dulu hal-hal apa saja yang harus diperhatikan sebelum memilih menginap di hotel agar terhindar dari virus corona.

Mungkin bagi sebagian orang menginap di hotel merupakan tempat yang tepat disaat pandemi ini, terutama bagi mereka yang bosan berdiam diri hanya di rumah saja.

Walaupun begitu kita tetap harus mematuhi berbagai protokol kesehatan yang sudah ditentukan, seperti yang sudah dirilis oleh badan kesehatan dunia alias World Health Organization (WHO) yaitu ada berbagai protokol kesehatan yang harus dijalankan selama menginap di hotel agar terhindar dari virus corona. Kira-kira apa saja ya?

Ini dia 6 hal yang harus dipatuhi ketika menginap di hotel :

1. Lakukan segala protokol kesehatan
Saat sedang berada di luar rumah, sebaiknya kita tidak boleh ceroboh. Tetap harus mematuhi protokol kesehatan saat menginap di hotel untuk mencegah penularan Covid-19.

Selalu mencuci tangan dengan air mengalir dan sabun atau gunakan selalu hand sanitizer, tetap selalu jaga jarak minimal 1 meter dengan petugas hotel atau tamu lainnya. Gunakan selalu masker selama berada diluar kamar hotel, saat bersin atau pun batuk tutuplah mulut dan hidung dengan siku tangan maupun tisu. Setelah itu buanglah tisu di tempat sampah.

Ingat, ketika kita berada di ruang publik atau kerumunan, kita berisiko tertular Covid-19. Oleh sebab itu, tetap selalu patuhi protokol kesehatan di atas.

2. Memilih Hotel Yang Menerapkan Protokol Kesehatan

Memilih hotel yang tepat di saat pandemi ini sangat penting dan pastikan hotel yang dituju apakah sudah menerapkan protokol kesehatan atau belum. Cara mengetahuinya yaitu dengan mengecek di situs resmi dan media sosial atau bisa juga langsung menghubungi pihak hotelnya.

Hotel yang menerapkan protokol kesehatan, seperti :
Mewajibkan seluruh tamu yang datang untuk selalu menggunakan masker di ruang publik seperti lobi. Mewajibkan tamunya untuk menggunakan tangga dan tidak menggunakan lift agar tidak mengundang kerumunan banyak orang di tempat yang kecil. Kamar hotelnya selalu dibersihkan. Pastikan karyawan hotel sudah diberi pengetahuan umum mengenai cara pencegahan virus corona. Memberi pembatasan waktu pada para pengunjung di ruang publik, seperti ruang makan, kolam renang, tempat fitness hingga tempat bersantai. Apabila protokol kesehatan di atas telah dilaksanakan oleh pihak hotel, itu menandakan hotel tersebut memiliki keseriusan untuk menjaga keselamatan para tamunya.

3. Bawalah Disinfektan

Hal ini dilakukan karena di hotel banyak permukaan yang sudah tersentuh oleh pengunjung lainnya. Oleh sebab itu bawalah disinfektan sendiri agar bisa membersihkan permukaan yang akan disentuh.

Walaupun pihak hotel sudah membersihkannya secara berkala, bisa saja ada permukaan yang luput dari perhatian mereka. Tetap harus waspada ya.

Biasanya permukaan yang sering disentuh, seperti jendela atau ganggang pintu, hingga menyemprot toilet pun wajib dilakukan.

4. Jangan Lupa Bawa Selalu Hand Sanitizer Sendiri

Menginap di hotel saat pandemi sangat disarankan untuk selalu membawa hand sanitizer sendiri. Hal tersebut dilakukan untuk antisipasi jika pihak hotel tidak menyediakan hand sanitizer di seluruh ruangannya.

5. Perhatikan Ventilasi Kamar Hotel

Apabila ventilasi kamar hotel tertutup rapat, bukalah jendela kamar hotel karena ditakutkan virus Covid-19 bisa menetap di ruangan. Apalagi jika kamar tersebut sudah pernah digunakan oleh pengunjung sebelumnya. Dan jangan menyalakan pendingin ruangan (AC) atau kipas, lebih baik buka jendelanya agar ada sirkulasi udara yang masuk.

6. Hindari Tempat Ramai

Walaupun pihak hotel sudah menerapkan protokol kesehatan di tempat publik, ada baiknya kita menjauhi tempat-tempat ramai yang ada di hotel agar terhindar dari penularan Covid-19. Hal ini dikarenakan, pasti banyak tamu yang datang kesana sehingga risiko penularan pun semakin besar.

Selain 6 hal di atas, perlu diingatkan kembali agar selalu melaporkan kepada pihak hotel jika Anda atau anggota keluarga menunjukkan gejala Covid-19 seperti tubuh terasa tidak fit, demam tinggi, dan batuk kering. Dengan begitu, pihak hotel akan melakukan penanganan cepat dan menghubungi rumah sakit terdekat. (Elya Rosa Gobel)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here