(Sumber: Merdeka.com)

BOGORIN.com, – Jika bagi sebagian orang makan sedikit saja bisa menambah berat badan, hal sebaliknya terjadi pada mereka yang makan sebanyak apapun tetapi tetap kurus. Namun bukannya tanpa beban, ada banyak orang yang ingin tahu cara membuat badan berisi. Terlebih, jika kurus terjadi karena kondisi metabolisme atau penyakit tertentu. Meskipun memiliki tubuh kurus kerap dianggap ketimbang kelebihan berat badan, namun berat badan di bawah standar juga bisa jadi masalah. 

Cara agar badan berisi tentunya sangat dibutuhkan bagi mereka yang memiliki tubuh “kerempeng”. Bisa jadi, memiliki badan yang terlalu kurus membuat rasa percaya diri jadi turun. Berikut ini ada beberapa tips untuk menaikkan berat badan secara alami.

1. Sarapan setiap pagi

Siapa yang masih sering tidak sarapan karena malas atau tidak suka? Untuk kamu yang mau menaikkan berat badan, sarapan penting banget lho supaya kamu bisa menambah berat badan secara sehat. Menurut studi di Monash University Australia, cukup dengan sarapan kamu sudah bisa menambah 260 kalori dalam sehari yang ikut menambah berat badan kamu ketika diserap. Jadi, sarapan yang sering kita lupakan ini justru lumayan membantu dalam menggemukkan badan lho.

2. Menambah frekuensi makan

Bagi orang yang merasa berat badannya kurang, cara membuat badan berisi adalah dengan menambah frekuensi makan. Kalau yang porsi makannya besar, dapat mengonsumsinya 2 sampai 3x sehari, namun jika porsi makannya kecil bisa mengonsumsinya 3 hingga 4x dalam sehari, bisa juga dengan diisi dengan ngemil.

3. Konsumsi makanan berprotein tinggi

Nah, sumber protein yang paling banyak adalah di daging merah berlemak dan ikan. Kedua jenis daging itu tidak hanya mengandung protein, tetapi juga zat lainnya seperti kreatin dan Omega 3 yang bikin kamu lebih sehat juga. Untuk kamu yang vegetarian, kamu tetap bisa mendapatkan protein dari sumber nabati lho, seperti kacang-kacangan, yogurt, dan telur.

4. Tidur cukup setiap malam
Sering begadang? Kebiasaan tidur kurang dari 7 jam setiap malam inilah yang ikut bikin tubuh kamu terlalu kurus lho. Menurut 8fit.com, ketika kamu tidak mendapatkan tidur yang cukup, tubuh kamu tidak bisa berfungsi dengan baik keesokan harinya, termasuk dalam menyerap kalori yang kamu konsumsi. Selain itu, kurang tidur juga bikin kamu susah menyerap nutrisi dari makanan yang kamu konsumsi hari itu, termasuk protein yang menambah massa otot dan bikin berat badan kita naik. Kamu juga menjadi tidak kuat berolahraga dan beraktivitas keesokan harinya ketika kurang tidur.
5. Berpikiran positif dan bahagia
Ini lah yang menjadi penting bagi kamu yang ingin menaikkan berat badan, jika kamu sudah memenuhi tips di atas tetapi di pikiran kamu tidak positif dan memikirkan yang tidak-tidak, tentunya akan memperlambat untuk menaikkan berat badan. Mempunyai pikiran yang positif, akan membuat kamu menjadi bahagia. Jadi, yuk coba berpikir positif supaya hati kamu menjadi tenang dan bahagia.
Yuk, coba lakukan tips menggemukkan badan tersebut supaya badan kamu lebih sehat dan menjadi ideal. Selamat mencoba!
(Dea Rizky Ramadhan)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here