Sumber : thinkstock

BOGORIN.com, Bogor – Minyak goreng memang menjadi bahan masakan yang paling utama, karena hampir segala jenis makanan membutuhkan minyak goreng. Namun jika minyak goreng digunakan secara berlebihan atau di pakai secara berulang-ulang kali untuk menggoreng akan menimbulkan masalah kesehatan terutama penyakit kolesterol.

Menurut banyak ahli kesehatan mengatakan minyak goreng paling baik memang hanya boleh di pakai satu kali menggoreng, untuk lebih sehatnya. Namun minyak goreng boleh di pakai 2-3 kali sebelum benar-benar di buang. Kebutuhan akan minyak yang di perbolehkan dalam satu hari adalah sekitar 7 sdm atau 70 gram. Tapi, ini harus di bagi dari ketiga jenis minyak yaitu minyak jenuh, tidak jenuh ganda dan tidak jenuh tunggal.

Dilansir dari American Heart Foundation, berikut ini cara menggunakan minyak goreng yang benar dan sehat:

1. Hindari memanaskan minyak goreng dengan suhu terlalu tinggi
Temperatur saat menggoreng harus tepat. Bila minyak belum panas tapi makanan sudah di masukkan, akan menyebabkan makanan terlalu banyak menyerap minyak. Sedangkan bila terlalu panas, makanan juga menjadi cepat gosong sementara bagian dalamnya mungkin masih belum matang. Selain itu, gunakan minyak secukupnya, agar senyawa yang terbentuk dari pemanasan tidak terlalu banyak.

2. Tiriskan makanan setelah digoreng
Setelah makanan di goreng, lebih baiknya makanan di tiriskan terdahulu dan serap minyak dengan menggunakan tisu kertas untuk mengurangi kelebihan minyak.

3. Ganti minyak baru
Idealnya penggunaan minyak goreng hanya sekali saja dengan suhu di bawah 120 derajat celcius. Namun, minyak goreng sebenarnya masih bisa digunakan hingga tiga kali. Hindari menggunakan minyak yang sama berkali-kali. Sebab, minyak yang semakin sering di panaskan dapat mengalami kerusakan karena adanya oksidasi yang membuat makanan menjadi bau. Sebaiknya ganti minyak dengan yang baru bila:

Minyak berubah warna menjadi kecokelatan bahkan menghitam.
Minyak mengeluarkan bau yang sangat kuat, apalagi sampai tengik.
Minyak mengeluarkan asap berlebih bahkan pada suhu normal.
Muncul buih berlebihan di sekitar makanan yang sedang di goreng.

4. Simpan minyak dengan baik
Simpan minyak dalam wadah tertutup, tidak terkena cahaya, dan di tempat yang sejuk agar kandungan pada minyak tidak mengalami perubahan.

Reporter : Sausan de Ananda

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here