Sumber : copyright pexels.com

BOGORIN.com, Bogor – Telur memang terkenal akan bahan utama untuk membuat kue. Biasanya telur digunakan untuk merekatkan dengan memakaiĀ  bagian putih telur dan mengikat rasa, mengembangkan adonan, menambahkan kelembapan kue atau sebagai pengemulsi. Bahan ini menjadi bahan wajib yang tidak boleh di hilangkan. Namun ternyata tidak semua orang dapat mengonsumsi telur karna alasan alergi atau vegetarian. Maka dari itu ini dia pilihan yang tepat untuk menggantikan telur dalam membuat kue sehingga yang alergi dan vegetarian dapat mencicipinya.

1. Tahu sutra

Hancurkan tahu sutra sampai halus lalu campurkan 75gram tofu yang sudah dihaluskan untuk menggantikan 1 buah telur. Meskipun tofu tidak memiliki rasa namun tahu akan memperkuat tekstur menjadi padat ketika dipanggang.

2. Baking soda dan cuka

Baking soda mungkin sudah lumrah digunakan dalam pembuatan kue. Namun kamu bisa mencampurnya dengan cuka yang bisa menghasilkan adonan mengembang serta lembut. Takaran yang disarankan ialah satu sendok teh baking soda dengan satu sendok makan cuka. Takaran tersebut bisa digunakan untuk adonan seberat 500 gram. Yang perlu di perhatikan, takaran baking soda jangan sampai melebihi takaran cuka agar hasilnya tidak mengeras.

3. Bubur buah

Buah yang dapat digunakan untuk pengganti telur diantaranya buah apel yang di buat menjadi tekstur seperti saus, pisang yang ditumbuk dan di haluskan, alpukat matang dan buah labu. Kue yang di panggang dengan bubur buah akan sangat lembab dan padat. Untuk rasa manisnya pun sesuai dengan jenis buah yang di pilih sehingga cocok bagi vegetarian.

4. Biji rami

Biji rami merupakan biji-bijian yang kaya akan omega-3. Giling rami atau flaxseed ini dalam food processor sampai membentuk makanan, lalu kocok satu sendok makan dengan tiga sendok air sampai kental.

Reporter : Sausan de Ananda

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here