Sumber : ebonytour.com

BOGORIN.com, Bogor – Jika mendengar kata terong tentunya tidak asing di telinga kita ya. Terong merupakan salah satu bahan makanan yang di sukai masyarakat indonesia terutama para orang dewasa. Terong biasanya berbentuk lonjong dan memiliki warna ungu, namun terong yang satu ini berbeda dengan terong yang sering di konsumsi untuk bahan makanan. Terong belanda bukanlah bahan pelengkap masakan tapi termasuk jenis buah-buahan. Terong Belanda ini berasal dari Peru, Amerika Selatan, namun pertama kali di perkenalkan dan di budidayakan oleh warga negara Belanda.

Bentuk dari terong belanda ini bulat memanjang mirip telur ayam berwarna cokelat keunguan. Daging buahnya berwarna kuning ke hitaman, teksturnya lunak, dan rasanya asam manis. Terong belanda ini kerap diolah menjadi minuman segar, selai, sirup, atau sebagai campuran salad. terong belanda ungu mengandung banyak nutrisi, seperti vitamin A, C, dan E. Tak hanya vitamin-vitamin tersebut, kamu juga dapat menjumpai sejumlah nutrisi lain seperti antioksidan, niasin, tiamin, serta riboflavin. Tentunya dengan segudang nutrisi tersebut, kamu dapat menjadikannya sebagai bahan makanan sehat yang dapat di konsumsi sehari-hari.

Perpaduan antara markisa dan terong belanda sudah bukan menjadi rahasia lagi akan kenikmatannya. Perpaduan buah markisa dan terong belanda enak untuk di makan langsung, di jadikan smoothies atau di blender untuk minuman sari buah seperti jus. Ini dia bahan-bahan dan cara membuatnya.

Bahan:

8 buah markisa
10 buah terong belanda
4 sendok makan gula pasir
Air mineral sebanyak 600 ml dan es batu secukupnya

Cara Membuat:

Keruk daging buah markisa dan terong belanda, sisihkan.
Masukkan air pada wadah markisa, saring airnya ke wadah daging buah terong belanda.
Masukkan campuran dua buah tersebut ke dalam blender, lalu masukkan gula secukupnya. Blender hingga halus.
Tuang jus ke dalam gelas dan tambahkan es batu agar lebih segar.

Selain itu, buah terong belanda ini memiliki sejumlah manfaat lainnya seperti:

1. Dapat mengurangi kadar gula darah yang berlebihan
2. Menyeimbangkan kadar natrium berlebih pada jantung
3. Untuk kesehatan mata
4. Meningkatkan daya tahan tubuh
5. Mengurangi kelebihan berat badan
6. Menangkal radikal bebas
7. Dapat menambah darah dalam tubuh
8. Bagus untuk kesehatan kulit

Reporter : Sausan de Ananda

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here