Sumber : facetofeet.com

BOGORIN.com, Bogor – Bedak merupakan riasan yang paling utama dan penting dalam menggunakan makeup sehari-hari. Ada dua jenis bedak wajah, yaitu bedak padat dan bedak tabur. Hal yang membedakan dua jenis bedak tersebut adalah dari teksturnya. Biasanya, bedak tabur lebih cocok untuk kulit berminyak karena memiliki bahan yang lebih mudah menyerap minyak dan menutupi pori-pori. Sedangkan bedak padat, lebih cocok untuk kulit wajah yang kering atau normal. Variannya pun beragam, mulai dari compact powder, mineral powder, shimmering powder, liquid powder, hingga loose powder.

Tidak hanya di pakai untuk riasan makeup tebal, namun bedak bisa di pakai untuk riasan wajah untuk lebih natural. Mengaplikasikan bedak pada wajah memang terdengar sangat mudah dan sederhana. Cukup dengan mengenakan brush lalu sapukan pada wajah. Namun ternyata tidak semudah itu. Menyapukan bedak tanpa terarah akan menyebabkan kulit lebih kusam, cakey, dan lain-lain. Seperti apa kesalahan-kesalahan yang sering terjadi saat pemakaian bedak tabur? Dan bagaimana cara mengatasinya? Simak penjelasan berikut ini.

1. Pakai alat makeup yang salah
Bedak tabur sendiri cocok digunakan untuk wajah yang memiliki kulit berminyak. Bedak tabur ini membantu menyerap minyak pada wajah, sehingga wajah tampak terlihat lebih matte. Untuk mengaplikasikan bedak ke wajah, gunakan tools beauty blender yang akan memberikan hasil makeup yang full coverage. Tapi jika memiliki jenis kulit yang oily, bisa gunakan powder brush atau spons bedak loose powder yang akan memberikan hasil makeup matte.

2. Tidak membersihkan tools/brush
Sebaiknya setiap selesai mengenakan brush, bersihkan brush dengan cara menyemprot brush dengan air besih kemudian keringkan dengan handuk bersih. Cara lainnya yakni bisa bersihkan brush dengan cara mencucinya dengan shampo, lalu masukkan brush ke dalam air hingga sisa-sisa bedak tabur beserta bakteri yang menempel pada brush pun luntur. Lakukan sebulan atau dua minggu sekali.

3. Pemilihan jenis bedak yang salah
Pilihlah jenis bedak yang dibutuhkan dengan jenis kulit wajah anda serta memahami jenis bedak yang akan di pakai.

4. Kesalahan mengaplikasikan di seluruh area wajah
Aplikasikan bedak pada T-zone kamu, termasuk hidung, area di antara alis, kening, dan dagu. Bahkan jika kamu memiliki kulit berminyak, mengaplikasikan bedak hanya pada area tersebut akan membuatmu terhindar dari kulit yang berminyak tanpa membuat keseluruhan riasanmu jadi membosankan.

5. Tidak menghapus sisa bedak
Gunakan makeup brush yang bersih atau makeup sponge yang agak lembab untuk menghapus sisa bedak di wajahmu. Hal ini akan memastikan partikel-partikel kering terangkat. Langkah ini sangat penting jika kamu menggunakan translucent powder, karena bedak ini akan terlihat jelas di bawah cahaya blitz.

Reporter : Sausan de Ananda

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here