Beranda UMKM Kesukaan Banyak Orang, Ternyata Pisang Tanduk Memiliki Berbagai Manfaat!

Kesukaan Banyak Orang, Ternyata Pisang Tanduk Memiliki Berbagai Manfaat!

BOGORIN.com, – Pisang ini bukanlah jenis pisang yang dapat dimakan secara langsung, karena bentuknya yang cenderung keras. Pisang tanduk harus diolah terlebih dahulu dengan direbus ataupun digoreng sebelum dapat dinikmati. Pisang tanduk salah satu jenis pisang yang berukuran besar. Nama pisang tanduk muncul karena tandan pisang ini dapat tumbuh menyerupai tanduk dengan ukuran jauh lebih besar dan lebih berat dari pisang biasa yang dapat dikonsumsi secara langsung.

Lantas, apa saja manfaat pisang tanduk untuk kesehatan?

1. Menjaga kesehatan jantung

Pisang tanduk, sebagaimana pisang pada umumnya mengandung komponen penting untuk menjaga kesehatan jantung, seperti kalium, magnesium, serat, folat dan vitamin C. Menurut ahli, diet dengan pisang tanduk dapat membantu menurunkan tekanan darah dan orang yang makan banyak kalium memiliki risiko hingga 27% lebih rendah terkena penyakit jantung.

2. Melancarkan pencernaan

Pisang tanduk juga mengandung banyak serat sehingga dapat melancarkan sistem pencernaan. Selain itu, kandungan pektin dalam pisang tanduk dapat menjaga kadar gula darah setelah makan dan mengurangi nafsu makan dengan memperlambat pengosongan di lambung.

3. Menurunkan risiko kanker darah

Pisang tanduk mengandung lektin, yaitu sebuah protein dalam pisang yang dapat mencegah sel leukimia tumbuh. Lektin berperan sebagai antioksidan yang membantu tubuh memerangi radikal bebas penyebab kanker. Berdasarkan penelitian lainnya, konsumsi pisang juga dipercaya dapat mengurangi risiko kanker darah atau leukemia.

Lalu, bisa dijadikan apa saja olahan dari pisang tanduk ini? Penasaran kan? Yuk, simak olahan dari pisang tanduk di bawah ini:

  • Pisang Goreng Crispy

Jika bingung buat dijadikan apa, tentunya camilan renyah sangat cocok sekali untuk dimakan. Apalagi pagi-pagi cuaca masih dingin membuat olahan seperti ini cocok didampingi dengan teh.

  • Pisang Bakar Cokelat & Keju

Jika biasanya diolah untuk digoreng dan kukus, sepertinya solusi yang berbeda adalah di bakar. Cukup dengan mengupas kulitnya dan dibelah menjadi bagian. Tahap berikutnya siapkan teflon agar mudah proses pembakarannya ya. Jika sudah cukup, maka angkat dan taruh di piring saji. Tambahkan seperti susu kental, gula halus, keju dan cokelat. Supaya tidak bingung sesuaikan saja sama selera sobat, tidak ribet kan pembuatan olahan salah satu ini.

  • Keripik Pisang

Selain mudah dijumpai, camilan yang renyah ini banyak juga lho yang suka. Selain bisa membeli, kalian juga bisa menyelesaikan sendiri di rumah. Untuk varian rasanya gurih dan manis.

Cara pembuatannya terbilang mudah menjadi solusi kegiatan di rumah agar bisa memanfaatkan pisang tanduk tidak hanya dimakan langsung saja. Tips jadi renyah: menggorengnya jangan sampai sudah masak, sebab tidak bisa jadi renyah malah melempem ya. Agar manis bisa dicampuri dengan air gula ya, pasti nanti akan lebih manis dan renyah deh.

Selamat mencoba membuat aneka olahan dari pisang tanduk ini ya!

 

Reporter: Dea Rizky Ramadhan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here