Sumber : Pixabay

BOGORIN.com, Bogor – Alpukat adalah salah satu buah yang banyak di gemari oleh semua orang. Orang-orang mengonsumsi dan memanfaatkan buah alpukat sebagai bahan makanan atau minuman. Alpukat biasanya juga dapat di nikmati dengan cara langsung di makan, tanpa di campur dengan bahan-bahan lain. Tidak hanya di kenal akan rasanya, buah alpukat yang berasal dari Amerika tepatnya di Meksiko ini juga kaya akan kandungan nutrisi yang baik menjaga kesehatan tubuh seperti protein, lemak, karbohidrat, vitamin A, B, C, E, K, Vitamin B1, zat gizi, dan antioksidan. Kelebihan lainnya dari buah alpukat ini adalah rendah akan kandungan gula, namun kaya akan lemak dan serat.

Inilah manfaat buah alpukat yang wajib di ketahui:

1. Dapat menurunkan berat badan yang berlebihan
Aplukat tinggi akan serat dan lemak tak jenuh seperti yang di temukan di minyak zaitun. Bahkan, setengah buah alpukat mengandung 10 gram lemak tak jenuh tunggal dan 5 gram serat. Seperti yang ada dalam studi Nutrition Journal, jika kamu menambahkan setengah alpukat ke dalam makan siangmu, maka akan menyimbangkan 112 kalori dan penurunan keinginan makan sebesar 40%.

2. Dapat menurunkan kolesterol
Mengonsumsi alpukat di anggap baik untuk tubuh karena kandungan lemak baik dalam buah ini melimpah. Menurut penelitian, konsumsi alpukat di sertai pola makan sehat dapat membantu mengurangi kadar kolesterol jahat (LDL) dan meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL), sehingga dapat membantu menjaga kesehatan jantung. Hal ini tidak mengherankan mengingat kandungan lemak dalam alpukat berbentuk lemak tak jenuh tunggal. Yang harus di garis bawahi adalah jangan mengonsumsi buah ini secara berlebihan.

3. Mencegah osteoporosis
Alpukat mengandung vitamin K yang mendukung kesehatan tulang. Mendapatkan asupan vitamin K yang cukup dapat mendukung penyerapan kalsium dan mengurangi pembuangan kalsium melalui urine.  Dengan begitu, alpukat ikut berperan menjaga kesehatan tulang dan mencegah terjadinya osteoporosis. Dengan mengonsumsi separuh buah alpukat dapat memenuhi 25 persen kebutuhan harian akan vitamin K.

4. Meningkatkan kesehatan pencernaan
Selain kemampuannya menjaga kesehatan mata karena kandungan antioksidannya, manfaat buah alpukat lainnya adalah menjaga keseimbangan bakteri di dalam usus, dengan meningkatkan bakteri sehat sekaligus mengurangi bakteri tidak sehat. Selain itu, lemak pada alpukat juga di percaya menyehatkan lapisan usus, sehingga mengurangi kemungkinan sembelit dan gejala sindrom iritasi usus besar.

5. Membantu perkembangan janin
Alpukat mengandung folat yang dikenal sangat baik untuk di konsumsi selama masa kehamilan. Karena dengan cukup folat dapat melindungi janin dari risiko cacat tabung saraf. Ibu hamil yang mengonsumsi cukup folat juga akan terhindar dari risiko keguguran dan melahirkan prematur. Folat juga mencegah komplikasi kehamilan lainnya seperti preeklampsia, penyakit jantung dan stroke.

Reporter : Sausan de Ananda

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here