Sumber : ilustrasi makanan kaya vitamin alami D. iStockphoto/GettyImages

BOGORIN.com, Bogor – Masa pandemi membuat kita lebih sering beraktivitas di rumah. Menjaga kesehatan dan daya tahan tubuh menjadi hal yang sangat penting dilakukan selama masa pandemi covid-19. Terlebih lagi jika pekerjaan yang tidak memungkinkan untuk dilakukan di rumah. Pastinya kita mau tidak mau harus berinteraksi langsung dengan orang banyak di luar sana, sehingga kita akan mudah terinfeksi segala macam virus.

Sebab itu kita harus memiliki imunitas tubuh yang kuat di tengah pandemi corona saat ini. Agar imunitas tubuh bisa terjaga dengan baik, pastinya anda harus menjalankan hidup sehat dan memenuhi kebutuhan vitamin dalam tubuhmu, salah satunya vitamin D. Vitamin D untuk imunitas sendiri sebenarnya bisa kamu dapatkan dari berbagai macam sumber.

Sebagai contoh, vitamin D membuat sel-sel dalam usus melakukan penyerapan kalsium dan fosfor serta mineral yang penting untuk menjaga tulang kuat dan sehat. Di sisi lain, kadar vitamin D yang rendah akan menimbulkan risiko yang serius berbahaya bagi kesehatan, seperti Osteoporosis, Kanker, Depresi, Kelemahan otot, Kematian

Tips hidup sehat selama masa pandemi :

1. Berjemur
Sinar matahari adalah cara natural yang paling baik untuk mendapatkan asupan vitamin D. Sinar matahari akan memicu sel tubuh untuk memproduksi vitamin D. Namun apabila anda ingin berjemur, pilihlah waktu yang tepat seperti pagi hari agar anda terhindar dari sinar matahari terik yang dapat membuat anda terkena kanker kulit.

2. Mengonsumsi kuning telur, sereal, dan ikan berlemak
Tidak hanya melalui sinar matahari, vitamin D juga bisa di dapatkan dari makanan seperti telur, sereal, dan berlemak. Beberapa ikan seperti tuna dan salmon tinggi akan kandungan vitamin D. Selain itu, telur juga bisa menjadi sumber vitamin D bagi tubuh. Telur menyediakan setidaknya sepersepuluh dari kebutuhan vitamin D yang kamu butuhkan. Mengonsumsi telur dadar bisa memberimu 25% dari dosis harian yang harus kamu penuhi. Sementara tu, jamur ternyata mampu menghasilkan vitamin D2 (ergocalciferol) sendiri setelah terpapar sinar UV. Pada jamur maitake liar, mengandung vitamin D sebanyak 2.348 IU per 100 gram. Akan tetapi, anda harus hati-hati dalam mengidentifikasi jamur liar untuk menghindari racunnya. Lebih amannya anda beli dari pemasok terpercaya atau petani langsung. Dan sereal adalah salah satu contoh makanan sehat yang kaya akan vitamin D. Selain serat, setiap satu cangkir sereal mengandung 90 IU vitamin D.

3. Mengonsumsi suplemen
Untuk membantu melengkapi kebutuhan vitaminmu setiap hari, kamu bisa mengonsumsi suplemen vitamin D. Namun konsumsilah dengan jumlah yang di sarankan, sebab terlalu banyak konsumsi suplemen vitamin D pun dapat menimbulkan keracunan.

4. Rajin minum susu
Hampir semua jenis susu kaya akan vitamin D. Bahkan susu kedelai pun juga mengandung vitamin D.

Reporter : Sausan de Ananda

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here