Beranda UMKM Tak Hanya Nikmat, Ternyata Bubur Kacang Hijau Kaya Akan Manfaat!

Tak Hanya Nikmat, Ternyata Bubur Kacang Hijau Kaya Akan Manfaat!

BOGORIN.com, – Bubur kacang hijau merupakan kudapan yang tak asing lagi di lidah masyarakat Indonesia. Makanan yang satu ini kerap disandingkan dengan bubur ketan hitam sebagai sarapan. Mudah dibuat, popularitas bubur kacang hijau seakan tak pernah surut. Secara khusus, kacang hijau adalah sumber vitamin B-9 yang sangat baik. Kacang hijau dikenal sebagai folat. Folat sangat penting sebelum dan selama kehamilan.

Sebab nyatanya, bubur kacang hijau menawarkan begitu banyak manfaat, selain rasanya yang memang nikmat. Apa saja manfaat yang bisa dirasakan tubuh dengan mengonsumsi hidangan yang satu ini? Yuk, simak di bawah ini!

1. Cegah anemia

Kandungan zat besi yang ada di dalam kacang hijau bisa mencegah masalah anemia atau kurang darah. Jika itu terjadi, bisa membuat kurang berenergi, lemah, sulit berkonsentrasi, dan akhirnya mengganggu aktivitas.

2. Baik untuk jantung

Selain vitamin C, ada juga vitamin A, zat besi, fosformagnesium, kalium, serta potasium yang bisa menyehatkan pembuluh darah. Kacang hijau juga mengandung antioksidan seperti flavonoid dan rendah kolesterol yang bisa mencegah terjadinya penggumpalan darah, sehingga jantung bisa terhindar dari berbagai penyakit.

3. Meningkatkan kesuburan wanita dan menyehatkan kandungan

Bagi wanita usia produktif, mengonsumsi sayur maupun buah sumber zat besi, seperti bayam, kacang-kacangan, labu, maupun kacang hijau, ternyata bisa meningkatkan kesuburan. Hal ini dibuktikan oleh penelitian Harvard Medical School, Amerika Serikat. Sementara itu, penelitian lain memperlihatkan adanya hubungan antara tingkat kesuburan wanita dengan kadar zat besi yang dikonsumsi.

Ibu hamil juga disarankan untuk selalu mengonsumsi makanan sumber asam folat, untuk mencegah janin dari kondisi cacat tabung saraf. Secangkir kacang hijau yang mampu memenuhi 10% asam folat dan 6% zat besi yang diperlukan tubuh setiap hari. Menyandingkan makanan kaya zat besi dan sumber vitamin C tinggi seperti tomat, paprika, dan buah-buahan beri, bisa membantu penyerapan zat besi oleh tubuh.

4. Meringankan depresi

Memenuhi kebutuhan harian atas folat mampu meringankan kondisi depresi. Kacang hijau merupakan salah satu makanan dengan kandungan nutrisi ini. Mengonsumsi cukup folat bisa mencegah kelebihan asam amino bernama homosistein di dalam tubuh. Kadar homosistein yang berlebihan, akan menghambat darah serta nutrisi lain untuk mencapai otak. Selain itu, kadar homosistein yang terlalu tinggi pun bisa mengganggu produksi hormon-hormon kebahagiaan, seperti serotonin, dopamin, serta norepinefrin. Ketiganya memengaruhi mood, kualitas tidur, serta nafsu makan.

 

Reporter: Dea Rizky Ramadhan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here