Sumber : parenting.orami

BOGORIN.com, Bogor – Setiap perempuan muslimah pasti memiliki hijab tidak hanya beberapa, bahkan mereka ada yang mengoleksi hijab meskipun hijab tersebut jarang di pakai. Bagaimana tidak, hijab bukan hanya berfungsi untuk menutup aurat kaum hawa namun hijab juga merupakan salah satu fashion para wanita. Tidak hanya perempuan muslimah yang bisa menggunakan hijab, perempuan yang tidak berhijabpun biasanya menggunakan hijab untuk selendang.

Perempuan muslimah biasanya senang menggunakan hijab dengan warna-warna yang gelap agar lebih netral untuk di padukan dengan bajunya. Warna-warna hijab yang sering di pakai biasanya berwarna hitam, navy, coklat. Namun penggunaan yang terlalu sering dengan perawatan yang salah bisa membuat hijabmu cepat rusak loh. Berikut ini tips cara mencuci hijab agar tidak cepat rusak meski pemakaian berkali-kali.

1. Pisahkan hijab dengan warna yang terang dan gelap untuk menghindari hal yag tidak di harapkan seperti warna hijab luntur.

2. Usahakan mencuci hijab tidak menggunakan mesin cuci sebab mesin cuci akan merusak serat-serat kain jilbab anda dan seketika membuat jilbab anda rusak. Lakukanlah dengan merendamnya terlebih dahulu selama 15 menit dengan air campuran sedikit detergen cair atau sabun mandi.

3. Kucek jilbab dengan tangan anda. Jika memiliki pelapis tangan yang terbuat dari karet itu lebih bagus lagi agar jilbab yag anda miliki tidak mudah kusut jika sudah berkali-kali di cuci.

4. Hindari penggunaan jepitan saat menjemur hijab sebab akan merusak kondisi kain hijab saat kering nanti. Cobalah menggantungnya dengan hanger yang berbahan plastik, jangan menggunakan hanger yang berbahan kawat karena saat hanger berkarat akan meninggalkan bekas pada jilbab anda.

5. Hindari menjemur hijab di sinar matahari yang terik dan terlalu lama.

6. Yang terakhir, gunakan suhu rendah atau sedang saat menyetrika hijab terutama berbahan paris. Suhu yang terlalu tinggi mampu menyebabkan hijab jadi kusam dan mengerut.

Reporter : Sausan de Ananda

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here