Sumber : tribunnews

BOGORIN.com, Bogor – Meskipun area ketiak tak terlihat, namun bagi beberapa orang memiliki ketiak hitamĀ  dapat menurunkan rasa percaya diri. Kulit ketiak yang hitam dapat disebabkan oleh beberapa faktor, seperti terlalu sering di cukur, menggunakan wax pencabut bulu berbahan kimia, penumpukan kulit mati, kulit ketiak jarang bernapas, dan menggunakan deodoran berbahan dasar alkohol. Kulit ketiak menghitam adalah reaksi kulit akibat paparan terhadap suatu elemen, mirip seperti proses pencokelatan kulit akibat paparan sinar UV matahari.

Oleh karena itu banyak wanita mencari solusi untuk memutihkan kembali ketiak mereka. Cara memutihkan ketiak hitam adalah dengan mengetahui penyebabnya terlebih dahulu. Setelah penyebabnya di ketahui, anda bisa mencerahkan kulit ketiak dengan bahan-bahan alami tanpa harus pergi ke salon. Yuk simak tips dan cara perawatan berikut ini untuk memutihkan kembali ketiakmu.

1. Menempelkan irisan timun

Tidak hanya mampu menghilangkan mata panda, cara memutihkan ketiak hitam juga bisa memanfaatkan timun. Timun mengandung bahan pemutih alami, vitamin, dan mineral yang bisa mencerahkan kulit ketiak. Caranya, gosokkan beberapa iris timun pada ketiak selama satu hingga dua menit. Biarkan ekstrak timun terserap kulit ketiak selama 10 menit. Setelah itu, bersihkan menggunakan air.

2. Kunyit

Untuk memutihkan ketiak dengan kunyit, kamu setidaknya membutuhkan kunyit yang sudah di jadikan bubuk serta jus lemon segar. Selanjutnya campurkan dua sendok makan jus lemon segar dengan bubuk kunyit secukupnya di dalam mangkuk kecil. Aduk rata hingga kedua bahan berubah menjadi adonan kental. Oleskan adonan tersebut ke ketiak dan diamkan selama 30 menit. Setelah itu cuci dan bersihkan adonan tersebut dari ketiak. Kamu bisa lakukan hal ini selama dua kali dalam sepekan.

3. Minyak kelapa dan kulit jeruk

Kandungan vitamin E pada minyak kelapa bermanfaat untuk kelembaban dan kecantikan kulit. Kombinasi vitamin E dan vitamin C mampu untuk meningkatkan produksi kolagen yang berfungsi untuk mencerahkan kulit ketiak. Cara memutihkan ketiak hitam dengan minyak kelapa dan kulit jeruk yaitu dengan mengupas buah jeruk dan ambil kulitnya saja. Masukkan kulit jeruk ke dalam blender, tambahkan 5 tetes air kelapa. Blender secukupnya agar masih tersisa sifat kasarnya. Gunakan sebagai scrub dan gosokkan perlahan-lahan pada kulit ketiak yang bermasalah.

4. Kentang

Tak hanya di jadikan sebagai bahan pelengkap makanan, kentang juga menyimpan manfaat baik untuk kulit, salah satunya adalah memutihkan ketiak secara alami. Mengandung vitamin C dan vitamin B3 yang cukup tinggi, maka kentang bisa menjadi bahan alami untuk memutihkan ketiak kamu. Tentu caranya juga mudah banget. Kamu cukup parut kentang dan di cuci dengan air, lalu aplikasikan parutan tersebut pada ketiak dan diamkan selama 10-15 menit, jika sudah kering bilas dengan air hangat. Disarankan melakukan perawatan ini dua hingga tiga kali dalam seminggu untuk hasil optimal.

5. Cuka apel

Cuka apel mengandung asam ringan yang dapat mengangkat sel mati. Selain itu cuka apel juga berfungsi sebagai di sinfektan yang bagus. Ini adalah cara memutihkan ketiak secara cepat dan alami tanpa efek samping. Cara memutihkan ketiak hitam dengan cuka apel yaitu dengan mencampurkan dua sendok teh cuka apel dengan bubuk soda kue. Oleskan campuran ini di bawah ketiak selama 10 menit atau sampai kering. Bersihkan dengan air dingin. Lakukan perawatan ini tiga kali dalam seminggu untuk hasil maksimal.

Reporter : Sausan de Ananda

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here