(Sumber:repbulika.co.id)

BOGORIN.com, – Rasa cemas, panik, gelisah adalah perasaan normal yang dialami semua manusia. Rasa cemas, panik, gelisah menjadi tidak wajar apabila terjadi berlebihan, terus-menerus, dan sulit dikendalikan sehingga mengganggu kehidupan sehari-hari.

Namun, hal ini bisa diantisipasi dengan mengetahui cara mengatasi rasa cemas dan panik. Apa saja caranya? Yuk, simak berikut ini!

1. Berhenti berpikir negatif

Jika kamu merasa sering berpikir negatif dan sering merasa khawatir saat terlalu bahagia, maka mulailah berganti cara berpikir. Demi hidup yang lebih tenang dan mental yang lebih stabil, mulailah mengatur ulang cara pandangmu.

2. Sibukkan diri

Habiskan waktu dengan melakukan kegiatan yang kamu suka, seperti hobi, berkumpul dengan teman, merapihkan rumah, atau hal yang bermanfaat lainnya sebagai cara menghilangkan rasa cemas atau panik.

Dengan membuat tubuh dan pikiran menjadi sibuk dan banyak aktivitas, kamu tidak akan punya waktu untuk mudah mencemaskan hal-hal kecil.

3.  Jangan hiraukan omongan orang

Tidak jarang rasa cemas dan panik timbul dari penilaian buruk dari orang lain. Kritik yang menyinggung muncul di kepala sehingga rentan membuat kamu menjadi takut untuk melangkah.

Penilaian orang lain memang penting untuk pengembangan potensi. Namun, jangan biarkan omongan orang lain yang tidak benar memperburuk asumsimu sehingga menjadi hambatan untukmu.

4. Batasi membaca berita negatif

Tetapkan waktu-waktu untuk membaca berita atau melihat sosial media. Jangan habiskan waktumu untuk hal yang tidak membuat hidupmu berkembang.

Lebih baik habiskan waktu dengan melakukan hal yang memperkaya diri. Lakukan hal-hal menyenangkan dan menenangkan seperti meditasi, melakukan hobi, dan memperkaya diri dengan ilmu yang baru.

 

(Dea Rizky Ramadhan)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here