Sumber : kitakini.news

BOGORIN.com, Bogor – Mempunyai rambut yang sangat indah, berkilau dan menawan menjadi impian setiap wanita. Selain penampilan dalam berbusana, ternyata penampilan rambut juga menjadi gaya yang harus di penuhi. Baik rambut pendek atau panjang, lurus atau keriting, pirang maupun gelap. Jika terawat dengan baik pasti akan terlihat cantik dan kita pun akan lebih percaya diri tampil di depan umum. Namun beberapa wanita memiliki rambut rusak, yang di akibatkan karena terlalu sering menggunakan bahan kimia, pengering rambut atau gaya hidup yang kurang baik.

Selain itu sebagian wanita pun enggan untuk melakukan perawatan rambut yang di karenakan biaya yang mahal untuk ke salon. Merawat rambut agar selalu terlihat sehat dan indah bukan lah sebuah masalah yang rumit. Melakukan perawatan rambut tidak selalu mengharuskan untuk ke salon, sekarang kamu dapat dengan mudah mendapatkan berbagai produk perawatan rambut yang di jual di pasaran. Berbagai cara bisa dilakukan untuk membantu merawat rambut rusak. Hanya dengan memberikan serum dan vitamin untuk rambut, agar rambut lebih terawat. Nah, tahukah kamu jika serum dan vitamin rambut hampir sama, tetapi memiliki perbedaan manfaat, fungsi hingga teksturnya. Simak ulasan berikut ini ya.

1. Perbedaan kandungan

Kandungan di dalam serum dan vitamin rambut tentunya berbeda. Serum rambut memiliki kandungan yang cenderung lebih lengkap dan kaya akan nutrisi untuk merawat rambut, serta memperbaiki rambut dari pada vitamin rambut. Pada intinya, serum mempunyai kandungan yang partikelnya lebih kecil sehingga lebih mudah untuk di serap oleh helai – helai rambut dan kulit kepala.  Sebab jika dibandingkan dengan vitamin, kerja serum jauh lebih cepat dalam memperbaiki dan menyehatkan dibanding dengan vitamin.

2. Jenis rambut

Perbedaan produk serum dan vitamin rambut yang berikutnya, yaitu berbeda penggunaan pada jenis rambut, untuk memperbaiki rambut yang rusak. Produk perawatan rambut berupa serum, dapat digunakan untuk jenis rambut yang terlalu kering atau kusam, bercabang dan tertalu sering menggunakan produk kimia atau pengering rambut. Sedangkan produk vitamin rambut, dapat digunakan untuk rambut normal yang tidak terlalu kering, atau jarang menggunakan produk kimia dan pengering rambut. Kedua produk perawatan rambut ini, bisa digunakan setiap hari atau setelah keramas, untuk membantu merawat rambut yang rusak.

3. Fungsi

Di kutip dari Alodokter, serum rambut memiliki banyak fungsi, antara lain membantu melindungi rambut dari efek kerusakan akibat paparan sinar matahari dan produk rambut, menghaluskan rambut sehingga tidak mudah kusut, serta membuat rambut menjadi lebih berkilau. Sementara fungsi vitamin rambut rata – rata hanya untuk menstimulasi pertumbuhan dan memperindah rambut aja.

4. Manfaat serum dan vitamin

Manfaat produk serum dan vitamin rambut, juga memiliki perbedaan yang sebenarnya hampir mirip, untuk membantu merawat rambut rusak. Namun manfaat vitamin rambut hanya untuk memperindah bagian rambut rusak, sedangkan manfaat menggunakan serum, bisa membantu memperbaiki kerusakan pada rambut. Kamu bisa menggunakan masker rambut, shampo atau konditioner, yang memiliki kandungan serum di dalam produk tersebut.

5. Cara kerja

Perbedaan produk perawatan rambut seperti serum dan vitamin yang terakhir, yaitu perbedaan cara kerja serum dan rambut, saat merawat rambut yang rusak. Produk perawatan rambut berupa serum, memiliki kandungan yang partikelnya lebih kecil dari pada vitamin rambut, sehingga kandungan serum akan lebih mudah diserap pori – pori rambut dan kulit kepala. Maka dari itu, menggunakan serum akan lebih cepat untuk memperbaiki rambut yang rusak, dari pada menggunakan produk vitamin.

Reporter : Sausan de Ananda

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here