(Sumber: freepik.com)

BOGORIN.com, – Para penggemar kuliner pasti sudah tidak asing dengan daun pandan. Maklum saja, daun pandan banyak dimanfaatkan sebagai salah satu bahan masakan dan minuman. Daun pandan memiliki aroma dan rasa khas yang bisa membuat makanan dan minuman terasa lebih nikmat. Selain itu, daun pandan dijual dengan harga yang terjangkau dan mudah ditemukan.

Nah ternyata, selain menambah rasa dan aroma untuk masakan, daun pandan juga menyimpan manfaat baik untuk tubuh, mulai dari mengurangi rasa nyeri hingga mencegah stres, lho. Penasaran apa saja manfaat daun pandan untuk kesehatan? Langsung simak aja yuk!

1. Mengatasi rasa nyeri

Rasa nyeri di bagian kepala dan persendian membuat tubuh menjadi tidak nyaman dan menganggu aktivitas. Nah, untuk mengatasinya anda bisa mencoba daun pandan, karena mengandung anti-oksidan flavonol yang membantu mengurangi peradangan. Selain itu, jika dikonsumsi secara rutin maka daun pandan juga baik untuk menjaga kesehatan tulang.

2. Menurunkan tekanan darah tinggi 

Selain menjaga pola hidup sehat, dengan rutin mengonsumsi rebusan daun pandan juga berfungsi untuk menormalkan tekanan darah. Diketahui, tekanan darah tinggi menjadi awal dari penyakit berbahaya seperti stroke, gagal jantung dan lainnya. Oleh karena itu, pastikan mengontrol tekanan darahmu sejak dini dengan daun pandan.

3. Menghilangkan ketombe 

Mengutip dari buku Tanaman Obat di Lingkungan Sekitar, karya Dr. Setiawan Dalimartha, daun pandan efektif menghilangkan ketombe.

Daun pandan bisa menjadi solusi untuk anda yang bermasalah dengan ketombe. Untuk membuat obat herbal daun pandan ini cukup mudah, anda haluskan daun pandan yang susah dicuci. Setelah itu, anda usapkan daun pandan ke kulit kepala yang berketombe.

4. Mengobati diare 

Mengutip dari situs Grid.id, daun pandan memiliki sifat antibakteri dan antimikroba yang membuatnya efektif menyembuhkan diare.  Untuk merasakan manfaatnya Anda cukup minum air rebusan daun pandan setiap pagi dan sore hari sampai sembuh.

5. Mengurangi risiko kanker

Menjadi penyakit yang paling mematikan, upaya pencegahan kanker harus dilakukan sejak dini mungkin. Salah satu cara yang paling mudah adalah dengan rutin mengonsumsi air rebusan daun pandan. Daun yang beraroma sedap ini memiliki efek sitotoksik, anti-miotik, anti-proliferatif, dan apoptosis yang berfungsi mengambah pertumbuhan sel-sel kanker

6. Mencegah stres

Mengurangi stres tidak melulu selalu liburan, lho. Salah satu cara yang paling mudah dan terjangkau adalah dengan minum air rebusan daun pandan yang dicampur oleh madu.

 

Itulah manfaat daun pandan untuk kesehatan yang seringkali terabaikan. Yuk, rutin konsumsi daun pandan agar tubuh dan pikiran selalu sehat!

 

(Dea Rizky Ramadhan)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here